fbpx

"jasa-translate-bidang-pertanian"Definisi Lain dari Pertanian

Jasa Translate perlu kiranya membahas hal ini, karena sering mendapat order penerjemahan bidang pertanian. Secara faktual tidak ada definisi pasti untuk pertanian. Saya menemukan penjelasan tentang pertanian yang cakupannya terbatas pada produksi tanaman (agronomi dan hortikultura) dan produksi ternak. Saya bahkan menemukan bahwa definisi pertanian juga mencakup perikanan, kehutanan, dan kegiatan lainnya. Artinya, ilmu pertanian itu dinamis.

Berikut adala definisi pertanian menurut para ahli:

Definisi Pertanian Menurut Penulis Buku

  1. Pertanian adalah pemeliharaan tanaman dan ternak secara sistematis di bawah pengelolaan manusia (Rimando, T.J .. 2004. Crop Science 1: Fundamentals of Crop Science. U.P. Los Baños: University Publications Office. p. 1).
  2. Pertanian adalah pertumbuhan tanaman dan hewan untuk kebutuhan manusia (Abellanosa, A.L. and H.M. Pava. 1987. Introduction to Crop Science. Central Mindanao University, Musuan, Bukidnon: Publications Office. p. 238).
  3. Pertanian adalah upaya untuk memodifikasi sebagian permukaan bumi melalui penanaman tanaman dan pemeliharaan ternak untuk tujuan ekonomi. (Rubenstein, J.M. 2003. The Cultural Landscape: An Introduction to Human Geography. 7th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. p. 496).

Makna dan Ruang Lingkup Hukum

  1. Pertanian mencakup pertanian di semua cabang dan, antara lain, penanaman dan pengolahan lahan, produksi susu, penanaman dan pemanenan komoditas pertanian dan hortikultura, pemeliharaan ternak atau unggas, dan pekerjaan yang dilakukan oleh petani di perkebunan untuk operasi pertanian tersebut, tetapi tidak termasuk pembuatan atau pengolahan gula, kelapa, abaca, tembakau, nanas atau produk pertanian lainnya.(Art. 97 (d), Chapter I, Title II, Labor Code of the Philippines).

5. Pertanian, Perusahaan Pertanian atau Kegiatan Pertanian adalah penanaman lahan, penanaman tanaman, penanaman pohon buah-buahan, termasuk pemanenan produk pertanian tersebut, dan kegiatan dan praktik pertanian lainnya yang dilakukan oleh petani sehubungan dengan operasi pertanian tersebut yang dilakukan secara alami atau yuridis.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"