fbpx

"jasa-penerjemah-laporan-keuangan"Jasa Penerjemah Laporan Keuangan, Jasa Translate Laporan Keuangan | Laporan keuangan merupakan catatan tertulis tentang situasi keuangan bisnis. Di dalamnya mencakup laporan standar seperti neraca, laba dan rugi, serta laporan arus kas. Semua komponen ini menyatu sebagai komponen yang lebih penting dari informasi bisnis, dan sebagai metode utama dalam mengkomunikasikan informasi keuangan suatu lembaga kepada pihak luar.

Dalam pengertian teknis, laporan keuangan adalah ringkasan posisi keuangan suatu lembaga pada titik waktu tertentu. Secara umum, laporan keuangan dirancang untuk memenuhi kebutuhan banyak pengguna yang beragam, terutama pemilik dan kreditor potensial saat ini. Laporan keuangan dihasilkan dari penyederhanaan, pemadatan, dan pengumpulan data yang diperoleh dari sistem akuntansi perusahaan (atau individu).

Sebelum membahas tentang apa itu laporan keuangan, jika anda saat ini sedang membutuhkan jasa penerjemah laporan keuangan atau jasa translate laporan keuangan atau jasa sworn translator laporan keuangan, silahkan hubungi tim Pro Translasi. Kami siap membantu anda.

PELAPORAN KEUANGAN

Menurut Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB), pelaporan keuangan tidak hanya mencakup laporan keuangan namun juga cara menyampaikan informasi keuangan suatu perusahaan kepada pengguna eksternal. Laporan keuangan memberikan informasi yang bermanfaat dalam keputusan investasi, kredit, dan penilaian prospek arus kas. Laporan keuangan  memberikan informasi tentang sumber daya perusahaan, klaim dan perubahan terhadap sumber daya tersebut.

Pelaporan keuangan merupakan suatu konsep luas yang mencakup laporan keuangan, catatan atas laporan keuangan dan pengungkapan sisipan, informasi tambahan (seperti perubahan harga), sarana pelaporan keuangan lain (seperti pembahasan dan analisis manajemen, dan surat kepada pemegang saham). Pelaporan keuangan hanyalah satu sumber informasi yang dibutuhkan oleh mereka yang membuat keputusan ekonomi tentang perusahaan bisnis.

Fokus utama pelaporan keuangan merupakan informasi tentang pendapatan dan komponennya. Informasi tentang pendapatan berdasarkan akuntansi akrual biasanya memberikan indikasi yang lebih baik tentang kemampuan perusahaan saat ini dan berkelanjutan untuk menghasilkan arus kas positif daripada yang disediakan oleh penerimaan dan pembayaran kas.

Sekali lagi, jika butuh layanan jasa translate laporan keuangan atau jasa penerjemah laporan keuangan, atau jasa penerjemah tersumpah laporan keuangan sila hubungi kami. Jika anda butuh layanan jasa penerjemah website, jasa penerjemah aplikasi, atau jasa translate jurnal, tim kami juga siap membantu anda.

LAPORAN KEUANGAN UTAMA

Laporan keuangan dasar suatu perusahaan meliputi 1) neraca (atau laporan posisi keuangan), 2) laporan laba rugi, 3) laporan arus kas, dan 4) laporan perubahan ekuitas pemilik atau ekuitas pemegang saham. Neraca memberikan gambaran tentang suatu lembaga pada tanggal tertentu. Laporan keuangan ini mencakup daftar aset lembaga, kewajiban, daalam kasus perusahaan, ekuitas pemegang saham pada tanggal tertentu. Laporan laba rugi menyajikan ringkasan pendapatan, keuntungan, pengeluaran, kerugian, dan laba bersih atau rugi bersih suatu lembaga untuk periode tertentu. Pernyataan ini mirip dengan gambar bergerak dari operasi lembaga selama periode waktu ini. Laporan arus kas merangkum penerimaan kas dan pembayaran tunai entitas terkait dengan aktivitas operasi, investasi, dan pendanaannya selama periode tertentu. Pernyataan perubahan ekuitas pemilik atau ekuitas pemegang saham merekonsiliasi permulaan periode ekuitas suatu perusahaan dengan saldo akhirnya.

Item-item yang saat ini dilaporkan dalam laporan keuangan diukur dengan atribut yang berbeda (misalnya, biaya historis, biaya saat ini, nilai pasar saat ini, nilai andal bersih, dan nilai arus kas masa depan saat ini). Biaya historis adalah cara tradisional untuk menyajikan aset dan liabilitas.

Catatan atas laporan keuangan adalah pengungkapan informatif yang ditambahkan pada bagian akhir laporan keuangan. Mereka memberikan informasi penting mengenai hal-hal seperti metode penyusutan dan persediaan yang digunakan, rincian hutang jangka panjang, pensiun, sewa, pajak penghasilan, kewajiban kontinjensi, metode konsolidasi, dan hal-hal lain. Catatan dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan. Jadwal dan pengungkapan tanda kurung juga digunakan untuk menyajikan informasi yang tidak disediakan di tempat lain dalam laporan keuangan.

Setiap laporan keuangan memiliki tajuk, yang memberikan nama lembaga, nama laporan, dan tanggal atau waktu yang dicakup oleh laporan. Informasi yang diberikan dalam laporan keuangan pada dasarnya bersifat finansial dan dinyatakan dalam satuan uang. Informasi tersebut berkaitan dengan perusahaan bisnis perorangan. Informasi seringkali merupakan produk perkiraan dan perkiraan, bukan pengukuran yang tepat. Laporan keuangan biasanya mencerminkan dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa yang telah terjadi (mis., Historis).

Laporan keuangan yang menyajikan data keuangan selama dua periode atau lebih disebut laporan komparatif. Laporan keuangan komparatif biasanya memberikan laporan serupa untuk periode saat ini dan untuk satu atau lebih periode sebelumnya. Mereka memberi analis informasi penting tentang tren dan hubungan selama dua tahun atau lebih. Pernyataan komparatif jauh lebih signifikan daripada pernyataan satu tahun. Pernyataan komparatif menekankan fakta bahwa laporan keuangan untuk satu periode akuntansi hanya satu bagian dari sejarah perusahaan yang berkelanjutan.

Laporan keuangan interim adalah laporan untuk periode kurang dari setahun. Tujuan laporan keuangan interim adalah meningkatkan ketepatan waktu informasi akuntansi. Beberapa perusahaan mengeluarkan laporan keuangan komprehensif sedangkan yang lain mengeluarkan laporan ringkasan. Setiap periode sementara harus dilihat terutama sebagai bagian integral dari periode tahunan dan secara umum harus selalu menggunakan prinsip akuntansi yang diterima secara umum (GAAP) yang digunakan dalam penyusunan laporan tahunan terbaru perusahaan. Laporan keuangan sering diaudit oleh akuntan independen untuk tujuan meningkatkan kepercayaan pengguna pada keandalannya.

Setiap laporan keuangan disusun berdasarkan beberapa asumsi akuntansi: semua transaksi dapat dinyatakan atau diukur dalam dolar; perusahaan akan melanjutkan bisnis tanpa batas; dan pernyataan akan disiapkan secara berkala. Asumsi-asumsi ini memberikan dasar bagi struktur teori dan praktik akuntansi keuangan, dan menjelaskan mengapa informasi keuangan disajikan dengan cara tertentu.

Laporan keuangan juga harus disiapkan sesuai dengan prinsip akuntansi umum, dan harus mencakup penjelasan tentang prosedur dan kebijakan akuntansi perusahaan. Prinsip akuntansi standar menuntut pencatatan aset dan liabilitas dengan biaya; pengakuan pendapatan ketika direalisasikan dan ketika transaksi telah terjadi (umumnya pada titik penjualan), dan pengakuan biaya sesuai dengan prinsip pencocokan (biaya terhadap pendapatan). Prinsip-prinsip akuntansi standar lebih lanjut memberikan syarat bahwa ketidakpastian dan risiko yang terkait dengan perusahaan tercermin dalam laporan akuntingnya dan, secara umum, apa pun yang menarik bagi investor yang berpengetahuan harus diungkapkan sepenuhnya dalam laporan keuangan.

Demikian pembahasan tentang laporan keuangan. Dan jika butuh jasa translate, termasuk jasa translate laporan keuangan atau jasa penerjemah laporan keuangan atau jasa penerjemah tersumpah laporan keuangan, silahkan hubungi kami.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"