fbpx

"jasa-penerjemah-kuesioner"Jasa Penerjemah Kuesioner, Jasa Penerjemah Angket | Kuesioner adalah instrumen penelitian yang terdiri dari serangkaian pertanyaan atau jenis konfirmasi lainnya yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari responden. Kuesioner biasanya adalah campuran dari pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka; pertanyaan bentuk panjang menawarkan kemampuan responden untuk menguraikan pemikiran mereka. Kuesioner dikembangkan pada tahun 1838 oleh Lembaga Statistik London.

Kuesioner merupakan serangkaian pertanyaan yang biasanya digunakan untuk tujuan penelitian yang dapat bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Sebuah kuesioner terkadang tidak disampaikan dalam bentuk survei, tetapi survei selalu terdiri dari kuesioner.

Sebelum lanjut, jika anda saat ini sedang membutuhkan layanan jasa penerjemah kuesioner, jasa translate kuesioner, jasa penerjemah angket, jasa translate angket, Pro Translasi siap membantu anda.

Karakteristik Kuesioner

Desain kuesioner tergantung pada jenis informasi yang harus dikumpulkan. Kuesioner kualitatif digunakan ketika harus mengumpulkan informasi eksplorasi atau membuktikan atau menyangkal hipotesis. Kuesioner kuantitatif digunakan ketika untuk memvalidasi atau menguji hipotesis yang dihasilkan sebelumnya. Beberapa karakteristik dasar kuesioner adalah:

Keseragaman: Kuisioner sangat berguna untuk mengumpulkan informasi demografis, pendapat pribadi, fakta atau sikap dari responden. Salah satu karakteristik utama dari kuesioner adalah standar dan seragam. Setiap responden melihat pertanyaan yang sama. Hal ini membantu dalam pengumpulan data dan analisa statistik dari data tersebut. Misalnya, templat kuesioner evaluasi toko ritel berisi pertanyaan untuk mengevaluasi nilai pembelian toko ritel, berbagai opsi untuk pilihan produk, kualitas barang dagangan, dan lainnya. Semua pelanggan akan mendapat pertanyaan-pertanyaan yang sama.

Eksploratori: Untuk mengumpulkan data kualitatif, kuesioner bisa bersifat eksplorasi. Tidak ada batasan pertanyaan di dalam kuesioner ini atau tujuan spesifik yang untuk mengumpulkan data. Misalnya, jika kuesioner diberikan kepada perempuan rumah tangga untuk memahami pengeluaran untuk pendapatan rumah tangga, daftar pertanyaan yang sangat terstruktur dapat membatasi pengumpulan data.

Urutan Pertanyaan: Kuesioner biasanya mengikuti aliran pertanyaan terstruktur untuk meningkatkan jumlah respons. Urutan pertanyaan ini adalah pertanyaan penyaringan, pertanyaan pemanasan, pertanyaan transisi, lewati pertanyaan, pertanyaan sulit, dan pertanyaan klasifikasi. Misalnya, templat kuesioner motivasi dan pengalaman pembelian mencakup pertanyaan-pertanyaan demografis awal hingga waktu yang diambil di bagian dan alasan di balik keputusan pembelian dll.

Jenis-jenis Kuesioner

Seperti yang kita ketahui di atas, kuesioner dapat terstruktur atau bebas mengalir. Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan di bawah ini:

Kuesioner Terstruktur: Kuesioner terstruktur mengumpulkan data kuantitatif. Kuesioner direncanakan dan dirancang untuk mengumpulkan informasi yang sangat spesifik. Kuesioner jenis ini juga memulai penelitian formal, menambah data, dan memeriksa data yang terakumulasi sebelumnya serta membantu memvalidasi hipotesis sebelumnya.

Kuesioner Tidak Terstruktur: Kuesioner tidak terstruktur mengumpulkan data kualitatif. Kuisioner jenis ini memiliki struktur dasar dan beberapa pertanyaan percabangan tetapi tidak membatasi tanggapan responden. Pertanyaannya lebih terbuka.

Jenis Pertanyaan dalam Kuesioner

Ada beberapa jenis pertanyaan dalam kuesioner. Jenis pertanyaan yang banyak digunakan adalah:

Pertanyaan Terbuka: Pertanyaan terbuka membantu mengumpulkan data kualitatif dalam kuesioner, artinya responden dapat menjawab dengan bebas, jawaban singkat atau detail.

Pertanyaan Dikotomis: Pertanyaan dikotomis umumnya merupakan pertanyaan tertutup “ya / tidak”. Pertanyaan ini umumnya digunakan jika perlu validasi dasar. Jenis pertanyaan ini adalah bentuk kuesioner yang paling mudah.

Pertanyaan Pilihan Ganda: Pertanyaan pilihan ganda adalah jenis pertanyaan tertutup. Responden harus memilih satu (satu pertanyaan pilihan ganda) atau banyak (multi pilihan ganda) dari daftar opsi yang diberikan. Pertanyaan pilihan ganda terdiri dari batang tidak lengkap (pertanyaan), jawaban benar atau jawaban, jawaban salah, alternatif dekat dan pengalih. Tidak semua pertanyaan memiliki semua hal di atas dan pedoman ini dapat digunakan jika dianggap cocok atau yang paling cocok dengan hasil yang diharapkan dari pertanyaan.

Pertanyaan Skala: Jenis pertanyaan lain yang banyak digunakan dalam kuesioner adalah pertanyaan skala. Pertanyaan-pertanyaan ini didasarkan pada prinsip-prinsip dari 4 skala pengukuran – nominal, ordinal, interval, dan rasio. Beberapa jenis pertanyaan yang memanfaatkan sifat dasar dari skala ini adalah pertanyaan urutan peringkat, pertanyaan skala Likert, pertanyaan skala diferensial semantik, dan pertanyaan skala stapel.

Pertanyaan Bergambar: Jenis pertanyaan ini adalah jenis pertanyaan kuesioner termudah ke-2. Responden diberi pilihan dari gambar-gambar tertentu yang membatasi respons mereka terhadap opsi-opsi dalam pertanyaan tetapi meningkatkan jumlah respons.

Demikian artikel singkat tentang kuesioner atau angket. Sekali lagi, jika saat ini ada sedang butuh layanan jasa penerjemah angket, jasa penerjemah kuesioner, jasa translate angket, jasa translate kuesioner, atau layanan bidang lain semisal jasa translate subtitle atau jasa penerjemah perjanjian, silahkan hubungi Pro Translasi untuk layanan jasa translate kami.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"