fbpx

"fakta-unik-bahasa-jepang"Fakta Unik Bahasa Jepang, Fakta Menarik Bahasa Jepang | Pada zaman modern ini dunia bisnis semakin bertambah luas. Ditopang dengan kemajuan teknologi, bekerja tidak terbatas hanya berada di dalam negeri, namun juga bisa merambah ke dunia global. Dengan begitu, tentu saja bahasa asing sangat diperlukan untuk terjalinnya komunikasi yang baik dalam menjalankan bisnis. Selain bahasa Inggris ada beberapa bahasa yang sering digunakan dalam dunia bisnis, salah satunya adalah bahasa Jepang.

Berikut akan dijelaskan beberapa fakta unik bahasa jepang, atau fakta menarik bahasa jepang.

Penulisan bahasa Jepang dikenal dengan 3 sistem penulisan yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Ketiganya mempunyai fungsi yang berbeda pula. Hiragana digunakan sebagai furigana; cara membaca huruf kanji, okurigana; huruf yang mengikuti huruf kanji, dan partikel yang menghubungkan tiap kata. Sedangkan katakana digunakan ketika kata tersebut menyadur dari bahasa asing. Hal tersebut sungguh berbeda dengan cara penulisan bahasa Indonesia yang menggunakan huruf alphabet.

Adapun perbedaan yang mencolok adalah bahasa Jepang memiliki tingkatan dalam penggunaan bahasa. Layaknya dalam bahasa Jawa. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang tua berbeda dengan bahasa yang digunakan untuk berbicara dengan teman sebaya atau kepada orang yang lebih muda, sama halnya dengan bahasa jepang. Berbeda dengan bahasa Indonesia yang tidak mengenal tingkatan dalam penggunaan bahasa walaupun bahasa Indonesia dibagi menjadi bahasa formal dan bahasa tidak formal.

Perbedaan selanjutnya terletak di penyusunan kalimat. Di bahasa Indonesia, kalimat biasanya terdiri dari struktur Subjek + Predikat + Objek (S+P+O). Berbeda dengan bahasa Jepang, penyusunan kalimatnya menggunakan struktur Subjek + Objek + Predikat (S+O+P) sebagimana akan dijelaskan lebih rinci dalam pembahasan berikut:

  • Saya (Subjek) membuat  (Predikat) kue (Objek).
  • 私は watashi wa (Saya=Subjek) ケーキ keeki (Blog=Objek)  を作ります o tsukurimasu (Membuat=Predikat).

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan struktur bahasa Indonesia dan bahasa Jepang terletak di posisi penempatan predikat. Kemampuan mengubah posisi subjek, predikat dan objek sangat diperlukan untuk menerjemahkan bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia untuk mempermudah komunikasi.

Mempelajari suatu bahasa yang bukanlah bahasa ibu membutuhkan waktu juga tenaga lebih banyak. Tetapi mengingat bahwa persaingan global semakin ketat, tidak ada salahnya untuk menambah nilai plus dalam persaingan bisnis. Bahasa asing sangat diperlukan untuk terjalinnya komunikasi yang baik.

Demikian artikel singkat tentang fakta unik bahasa jepang dan fakta menarik bahasa jepang ya. Barangkali ada yang membutuhkan layanan jasa translate, silahkan hubungi Tim Pro Translasi ya.

Baca juga fakta bahasa indonesia dan bahasa jawa.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"