fbpx

"Bahasa-Indonesia-dan-Bahasa-Jawa"Fakta Bahasa Indonesia dan Fakta Bahasa Jawa | Indonesia memiliki hampir sekitar 660 bahasa. Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu rakyat Indonesia. Untuk bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda daerah, kota, provinsi, maupun pulau mereka menggunakan bahasa Indonesia. Ada banyak sekali fakta menarik tentang bahasa Indonesia yang tidak kita sadari.

Sebelum lanjut, jika dari Anda ada yang membutuhkan layanan jasa translate, jasa penerjemah atau jasa translate jurnal, jasa translate buku atau bahan lainnya, silahkan menghubungi tim kami di Pro Translasi ya. Yuk kita lanjut pembahasan fakta menarik bahasa indonesia dan fakta menarik bahasa jawa nya.

Bahasa Indonesia sendiri menjadi bahasa yang dipelajari oleh banyak negara. Bahkan negara Vietnam pun menyatakan bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua mereka. Negara Vietnam sangat menghormati bahasa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan pemerintah Vietnam untuk mensejajarkan bahasa Indonesia dengan bahasa resmi mereka. Tidak hanya orang Indonesia yang belajar bahasa asing tetapi orang dari negara lain pun juga belajar bahasa Indonesia. Ada sekitar 40 negara yang belajar bahasa Indonesia karena keunikan dari bahasa Indonesia.  Pusat pembelajaran bahasa Indonesia ada di negara Mesir. Di negara ini menjadi negara yang mempopulerkan dan mengembangkan bahasa Indonesia karena mereka tidak menganggap bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

Indonesia memiliki banyak sekali pulau, provinsi, dan kota. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia. Untuk provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah bahasa yang mereka gunakan yaitu bahasa Jawa. Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan pada jaman kerajaan di masa lalu. Bahasa jawa berkembang dalam dua fase bahasa yang berbeda yaitu bahasa jawa kuno dan bahasa jawa baru. Bahasa jawa kuno dipakai pada masa sekitar abad 15 lalu digantikan dengan bahasa jawa baru.

Baca juga fakta menarik bahasa inggris.

Bahasa jawa tidak hanya digunakan di pulau Jawa saja tetapi juga digunakan di pulau yang lainnya. Seperti contohnya Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dll. Meski pulau-pulau tersebut memiliki bahasa daerah mereka sendiri tetapi meraka tetap memahami bahasa jawa meski sedikit. Terdapat huruf dalam bahasa jawa, yaitu aksara jawa. Huruf aksara dasar jawa ada 20 suku kata. Pada aksara jawa, satu suku kata ditulis dengan satu aksara. Dalam bahasa jawa ada tingkat keformalitasan, yaitu bahasa jawa ngoko, bahasa jawa madya, krama alus, dan krama inggil. Pada tingkat-tingkat tersebut penggunaannya juga berbeda, tergantung dengan siapa kita berbicara.

Demikian artikel singkat tentang fakta unik bahasa indonesia dan fakta unik bahasa jawa. Semoga bermanfaat ya. Sekali lagi, jika butuh layanan jasa translate atau jasa penerjemah, silahkan menghubungi kami.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"