fbpx
082 333 555 798 admin@protranslasi.com

"jasa penerjemah inggris"Perkakas penerjemah atau para translator merupakan seperangkat bantuan yang bisa digunakan untuk melakukan proses penerjemahan. Perkakas yang digunakan oleh jasa penerjemah bisa dalam bentuk perkakas konvensional ataupun modern.

  1. Perkakas Konvensional

Perkakas konvensional selain kertas dan pensil yang biasa digunakan para penerjemah atau translator adalah kamus. Kamus merupakan sekumpulan informasi tentang sebuah kata atau kombinasi kata. Sekumpulan informasi yang berhubungan dengan sebuah kata atau kombinasi kata ini disebut aran (entry). Kata yang diterangkan ini tertulis di awal dan disebut aran, Jadi, kamus adalah sekumpulan aran.

Ada banyak macam kamus. Menurut bahasa yang digunakan, kamus bisa dibedakan menjadi kamus ekabahasa, dwibahasa, dan nekabahasa. Berdasarkan isinya, kamus bisa dibedakan menjadi yakni kamus umum dan kamus khusus. Karena penjelasannya cukup panjang, tentang penjelasan macam-macam kamus ini akan kami posting pada bagian terpisah ke depan, jadi ditunggu saja artikel dari jasa penerjemah Inggris.

Jenis perkakas konvensional lain yang biasa digunakan adalah thesaurus (thesaurus). Di dalam thesaurus sebuah kata aran diikuti oleh sejumlah kata yang memiliki kemiripan makna. Beberapa thesaurus bahkan menambahkan lawan  kata di bagian akhir setiap butir aran. Tesaurus ini berguna untuk membantu penerjemah atau translator memilih kata-kata yang paling cocok. Ensiklopedia juga merupakan salah satu perkakas penerjemahan. Dengan bantuan ensiklopedia, seorang penerjemah bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas sehingga ia lebih mampu mencari padanan/konsep yang sesuai dengan teks yang sedang dikerjakan.

Bahan-bahan rujukan diatas secara langsung membantu kerja penerjemah. Selain itu penerjemah atau translator juga harus selalu meningkatkan ketrampilannya, untuk itu diperlukan sumber daya lain, yaitu jurnal tentang terjemahan yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Di dalam bahasa Inggris ada beberapa jurnal mengenai terjemahan ini, misalnya Translation Review yang diterbitkan oleh Universitas Texas di Dallas.

bersambung di artikel berikutnya ya Jasa Translator

WhatsApp chat Order : Hubungi Kami @ 082 333 555 798