fbpx

"toefl"Jasa Penerjemah Jurnal | Tes TOEFL Inggris | Translate Tersumpah

Banyak orang Indonesia termasuk anda , masih bingung dengan program-program tes pengukur kemampuan berbahasa Inggris. Sudah jenis tesnya beragam, fungsi dan materi yang diujikan pun juga berbeda-beda. Ada tes TOEFL , IELTS, & TOEIC. Dalam artikel berikut Anda akan mengenal terlebih dahulu tes bahasa Inggris apa itu TOEFL.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah tes Bahasa Inggris yang ditujukan untuk menilai sekaligus sebagai alat ukur seberapa mampu bahasa Inggris seseorang untuk kepentingan belajar maupun keperluan bekerja di luar negeri yang menunjukkan kesiapan akademik seseorang. Yang patut Anda perhatikan adalah TOEFL banyak diminta sebagai salah satu syarat jika Anda ingin kuliah di USA, Ausy, Jepang dan negara-negara di Eropa.

TES TOEFL dibagi ke dalam tiga macam :

1. PBT (Paper Based Test)

TOEFL  PBT adalah tes TOEFL yang masih menggunakan kertas. Metode ini sering digunakan ketika penggunaan komputer dan internet belum terlalu marak. Jikapun sekarang tes ini masih digunakan, mungkin hanya akan digunakan pada beberapa kondisi tertentu saja. Seperti tempat pelaksanaan tes yang masih minim komputer dan jaringan internet. Toefl PBT ini biasanya hanya digunakan sebagai latihan saja. Materi tes bahasa Inggris untuk model ini yaitu listening, reading, dan structure.

2. CBT (Computer Based Test)

TOEFL CBT adalah metode pelaksanaan TOEFL generasi ke dua yang dikeluarkan pada tahun 1998. Pada metode ini tidak lagi menggunakan kertas sebagai media, tapi sudah langsung menggunakan komputer. Software sudah terinstal dan peserta tes hanya tinggal mengaksesnya. Materi tes bahasa Inggris yang diujikan yaitu listening, readingstructure dan writing.

3. IBT (Internet Based Test )

TOEFL IBT adalah system terbaru dari TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS pada tahun 2005. Namun, TOEFL IBT ini baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006. Metode yang digunakan pun mirip dengan TOEFL CBT. Peserta akan menjawab soal dalam sebuah komputer. Hanya saja, bedanya adalah, komputer yang dipakai terkonek ke sambungan internet. hal ini sangat efektif dimana jawaban para peserta tes dengan langsung tersimpan di dalam database. Sekarang tes semacam ini telah mendapat pengakuan dunia.  TOEFL berbasis internet (IBT) mengujikan 4 materi:

  • Listening
  • Reading
  • Speaking
  • Writing

 

Adapun rentang skor TOEFL sebagai berikut.

  • Skor TOEFL PBT:310 – 677
  • Skor TOEFL CBT:30 – 300
  • Skor TOEFL IBT:8 – 120

Skor TOEFL ini berlaku selama 2 tahun. Jika lewat dari 2 tahun, kamu harus mengambil tes TOEFL lagi.

 

CARA REGISTRASI TES TOEFL

Ada dua cara untuk mendaftar tes TOEFL. Anda bisa mendaftar online di website resmi ETS kemudian mereka akan merekomendasikan tempat-tempat pelaksanaan yang bisa anda pilih atau mendaftar melalui lembaga pendidikan yang telah mendapat otorisasi.

Cara Mendapatkan TOEFL Dengan Score Yang Tinggi Pada Sesi ListeningListening section adalah merupakan salah satu bagian di dalam tes TOEFL yang akan menguji kemampuan Anda di dalam memahami suatu pembicaraan yang dapat berupa percapakan atau juga berupa kuliah singkat. Prosedur ini sudah disusun sedemikian rupa sehingga akan menjadi simulasi situasi pembelajaran pada saat Ada di luar negeri. Tentu saja yang diujikan merupakan sebuah kemampuan untuk menyimak dan juga memahami gagasan – gagasan yang akan disampaikan. Di dalam tes ini, kemampuan kosa kata Anda juga perlu untuk mendapatkan perhatian. Dengan demikian, tentu tidak mudah untuk mendapatkan TOEFL dengan score tinggi. Untuk itu, berikut ini merupakan tips yang merupakan Cara Mendapatkan TOEFL Dengan Score Yang Tinggi Pada Sesi Listening yang bisa Anda gunakan selama masa persiapan listening section, agar cara belajar Anda bisa lebih efektif dan juga lebih terfokus.

Baca artikel lainnya di link Jasa Translate Jurnal Tersumpah

Belajar listening test itu tentu saja harus dengan cara membiasakan diri dengan mendengarkan percakapan dan juga  kuliah di dalam bahasa Inggris. untuk mendapatkan bahan seperti ini, Anda juga bisa saja dengn mengunduh berbagai macam lagu bahasa Inggris, film serta pembelajaran kuliah yang telah disampaikan oleh seseorang dari native speaker. Pertama – tama Anda hanya perlu mendengarkan saja, agar Anda terbiasa dengan semua itu. Setelah Anda cukup terbiasa, Anda bisa mulai fokus kepada masalah mengenai pemahaman gagasan yang telah disampaikan. Di dalam hal ini, Anda juga bisa untuk mulai menggunakan catatan – catatan kecil yang bisa menjadi pengingat Anda. Perhatikan pula dalam penggunaan kosa kata yang ada, sehingga Anda bisa sekaligus untuk dapat memperkaya kosa kata Anda. selain itu, Anda juga perlu untuk memperhatikan bagaimana pola dan cara penyampaian gagasannya. Dengan Anda memahami polanya, tentu Anda akan bisa lebih mudah untuk dapat menemukan gagasan utamanya.

Selain itu, transisi dari segi pembicaraan itu juga sangat perlu untuk mendapat perhatian, sehingga Anda bisa mengetahui materi pembicaraan itu di dalam pengantar, isi maupun kesimpulan. Dengan Anda bisa menguasai hal ini, Anda tentunya bisa untuk lebih memusatkan perhatian Anda pada bagian – bagian tertentu dari segi pembicaraan itu. Hal ini juga akan dapat membantu Anda untuk memahaminya dengan secara lebih sistematis. Lalu, biasakan juga diri Anda dengan berbagai aksen yang telah digunakan oleh speaker. Aksen ini juga akan menentukan kecepatan bicara seseorang. Apabila Anda sudah terbiasa, Anda tentu tidak akan kesulitan lagi kalau akan mendapatkan speaker dengan aksen yang berbeda – beda. Setelah itu semua, Anda juga perlu untuk berlatih agar bisa merangkum keseluruhan pembicaraan, atau Anda juga bisa berlatih dengan seorang yang berprofesi sebagai seorang Penerjemah Bahasa. Ini juga dapat ditambahkan dengan berlatih untuk menjawab pertanyaan yang akan berhubungan dengan materi yang disampaikan oleh speaker.

Itu merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan pada saat Anda mempersiapkan diri sebelum ujian atau tes berlangsung. Dan berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat membantu Anda pada saat Anda menghadapi tes. Yang pertama adalah berusaha untuk tetap tenang dan fokus. Ini akan dapat membantu Anda untuk bisa mendengar secara lebih baik. Perhatikan baik – baik petunjuk penggunaan modul dan juga petunjuk lainnya untuk dapat menghindari kesalahan teknis pada saat Anda menjawab. Kemudian, Anda juga perlu tahu waktu yang akan mulai berjalan hanya pada saat Anda menjawab pertanyaan, sehingga Anda tidak perlu untuk memperhatikan waktu pada saat mendengarkan speaker. Lalu, persiapkan juga catatan kecil untuk menulis beberapa poin – poin penting dari apa yang telah disampaikan oleh speker.

Perhatikan baik – baik isi yang telah disampaikan dan juga alur yang digunakan oleh speaker, sehingga Anda pun bisa lebih mudah untuk memahaminya. Kemudian, berhati – hatilah di dalam menjawab pertanyaan dan juga selalu teliti ulang kembali jawaban yang telah Anda berikan. Apabila mungkin Anda kesulitan untuk menemukan jawaban yang tepat, Anda bisa dengan menduga – duga jawaban yang kira – kira menurut Anda tepat. Anda tidak perlu kawatir apabila Anda salah menjawab, karena tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah. Dan terakhir, Anda harus selalu yakin dengan jawaban yang telah Anda berikan.

Demikian postingan kami mengenai Cara Mendapatkan TOEFL Dengan Score Yang Tinggi Pada Sesi Listening. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua, khususnya para pembaca blog ini 🙂

Jasa Penerjemah Inggris

WhatsApp chat WhatsApp us