fbpx

"jasa-translate-jurnal-teknik"

Teknik adalah pekerjaan dengan jangkauan yang sangat luas. Kata ‘teknik‘ mencakup banyak bidang dan juga keterampilan. Insinyur merupakan ilmuwan, perancang, pembangun dan pemikir yang hebat. Mereka merubah keadaan dunia, memperkuat kapabilitas manusia dan membuat hidup sesama lebih aman dan mudah.

Keterampilan keteknikan mencakup:

  • metode ilmiah
  • sosial, kebudayaan dan kesadaran ekonomi
  • matematika
  • biologi, kimia, fisika dan bidang ilmiah lainnya.
  • kreativitas
  • kerja tim

Disiplin teknik meliputi:

  • Mekanik dan konstruksi peralatan serta mesin segala ukuran, dari yang berukuran kecil hingga keseluruhan sarana manufaktur.
  • Penciptaan mobil, kereta, kapal, perahu, pesawat dan kendaraan lainnya.
  • Desain dan produksi senyawa kimia.
  • Operasi bisnis dan kota.
  • Hiburan, industri, konstruksi, transportasi, kesehatan, pertahanan dan banyak lainnya.

 

Disiplin teknik

Salah satu hal menarik dalam bekerja di bidang teknik adalah ragam tugas dan lingkungan kerja para insinyur.

Mulai dari merancang program pada terminal komputer, hingga mengawasi operasi perawatan struktur skala besar seperti pesawat, kapal, alat berat pemindahan tanah, derek bergerak dan anjungan lepas pantai – banyak cara untuk menjadi seorang insinyur.

Banyak pekerjaan teknik dilakukan dengan menggunakan komputer. Seperti desain, percobaan, kontrol sistem, pengarahan peralatan dan analisis sifat bahan.

Disiplin utama

Secara historis, keteknikan pada umumnya dibagi menjadi empat disiplin utama yaitu teknik kimia, sipil, listrik dan mekanik, dengan beberapa cabang pada setiap disiplinnya yang meliputi berbagai bidang. Bidang ini uga seringkali membutuhkan jasa translate bidang teknik dalam menerjemahkan dokumen-dokumen teknik

Teknik kimia

Teknik kimia berkaitan dengan pengubahan bahan baku menjadi produk yang bermanfaat dan komersial. Penelitian terhadap bahan baku dan sifatnya, merancang dan mengembangkan peralatan serta evaluasi proses operasi adalah bagian dari  Teknik Kimia.

Keterampilan tersebut digabungkan untuk mengekstraksi bahan baku yang kemudian disempurnakan dan dimanufaktur untuk menghasilkan benda seperti makanan, bahan bakar, plastik, cat, kertas, keramik, mineral dan metal.  Proses tersebut seringkali dilakukan di pabrik berskala besar dan operasi pabrik yang aman juga merupakan bagian teknik kimia.

Ekstraksi bahan baku tanpa merusak lingkungan merupakan bidang utama Insinyur Kimia. Contoh, jenis bahan bakar baru dapat digunakan dengan aman untuk menyediakan energi yang kita perlukan, tanpa memiliki dampak buruk terhadap lingkungan, saat ini sedang dikembangkan dan diuji. Insinyur kimi juga terlibat dalam produksi produk farmasi yang beragam seperti penisilin dan sampo.

Insinyur Kimia dapat bekerja di perusahaan yang terlibat dalam produksi makanan, plastik, keramik, farmasi, metal dan kaca.

Banyak Insinyur Kimia bekerja di lingkungan perlindungan dan reklamasi atau pembersihan lahan terkontaminasi, laboratorium penelitian, pabrik kimia dan kilang minyak bumi. Perusahaan yang mempekerjakan insinyur kimia termasuk produsen produk besi dan baja, industri kimia organik dan industri pertambangan.

Insinyur yang bekerja di bidang ini dapat menjadi ahli sebagai insinyur pembakaran, insinyur perminyakan, insinyur kimia utama, insinyur peleburan, insinyur pengolahan air atau insinyur lingkungan (lihat bagian teknik lingkungan). Terdapat peluang bagi Insinyur Kimia untuk menekuni bidang terkait termasuk bioteknologi, teknik pangan, dan teknik mineral.

Artikel ini merupakan bagian pertama dari judul Penerjemah Bidang Teknik

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"