fbpx

"jasa-translate-SOP"Jasa Translate SOP, Jasa Penerjemah SOP | Prosedur operasi standar tertulis berisi petunjuk atau langkah-langkah yang menjelaskan cara melakukan aktivitas rutin. Karyawan harus melaksanakannya sama persis dengan apa yang tertulis di prosedur operasi standar untuk menjaga agar bisnis tetap konsisten. Prosedur operasi standar membantu menjaga keselamatan dan efisiensi untuk berbagai bidang, seperti:

  • Produksi/operasional
  • Penjualan dan layanan pelanggan
  • Pelatihan karyawan
  • Legal
  • Keuangan

Sebelum lanjut, jika anda saat ini sedang kebingungan mencari layanan jasa translate SOP atau jasa penerjemah SOP, tak perlu khawatir, serahkan saja pada tim kami di Pro Translasi.

Prosedur operasi standar seharusnya mudah dibaca dan dipahami sehingga harus menggunakan bahasa singkat, mudah dimengerti, dan berisi langkah-langkah tindakan yang mudah diikuti. Prosedur operasi standar yang baik harus menguraikan langkah-langkah dengan jelas dan memberikan informasi kepada karyawan perihal keselamatan.

Prosedur operasi standar harus menjadi dasar untuk melatih karyawan baru. Prosedur operasi standar juga harus diperbarui setiap tahun agar tetap relevan dengan kebutuhan organisasi terkini.

Kenapa Prosedur Operasi Standar Diperlukan?

Beberapa pemilik perusahaan belum memahami pentingnya prosedur operasi standar. Mereka beranggapan bahwa para karyawan sudah mendapat pelatihan, jadi untuk apa membuat prosedur operasi standar?

Kasus ini seperti bertanya mengapa dokter memiliki daftar prosedur operasi standar tertulis yang harus mereka patuhi sebelum melakukan operasi, atau mengapa BPOM memiliki daftar prosedur operasi standar tertulis tentang cara restoran mengolah makanan.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya prosedur operasi standar untuk bisnis Anda:

Menghemat waktu dan uang

Ketika pekerjaan yang sama diselesaikan dengan berbagai cara, maka penyelesaiannya akan memerlukan waktu lebih lama. Prosedur operasi standar di tempat kerja dapat mempersingkat proses sehingga pekerjaan akan lebih efisien.

Memberikan konsistensi

Prosedur operasi standar yang berlaku memastikan bahwa proses bisnis akan diselesaikan dengan cara yang benar terlepas dari siapa yang mengerjakan.

Meningkatkan komunikasi

Prosedur operasi standar membuat pekerjaan karyawan Anda lebih mudah karena mereka sudah memiliki cara bagaimana mereka harus menyelesaikan pekerjaan mereka.Karyawan Anda juga tidak perlu mengingat kembali apa yang Anda katakan kepada mereka saat mereka pertama kali dipekerjakan.

Memungkinkan Anda meminta pertanggungjawaban dari karyawan Anda

Bagaimana Anda bisa mengevaluasi karyawan Anda jika Anda tidak memiliki prosedur operasi standar tertulis? Tanpa prosedur operasi standar, evaluasi karyawan akan menjadi subjektif (berdasarkan pendapat Anda), yang berpotensi menimbulkan ketidakadilan bagi karyawan Anda.

Menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman

Ketika karyawan melakukan tugas yang sama dengan cara yang berbeda, hal ini tidak hanya mengurangi tingkat efisiensi, tapi juga berpotensi menimbulkan kerugian bagi bisnis Anda. Prosedur operasi standar memastikan karyawan Anda melaksanakan pekerjaan mereka dengan aman dan konsisten.

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang prosedur operasi standar adalah bahwa prosedur operasi standar akan menyebabkan bisnis menjadi kaku dan tidak fleksibel.

Sekali lagi, jika anda butuh layanan jasa penerjemah SOP atau jasa translate SOP, silahkan hubungi kami.

Cara Menyusun Prosedur Operasi Standar

Sekarang Anda telah mengetahui defines dan pentingnya prosedur operasi standar. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menyusunnya. Prosedur operasi standar memerlukan banyak perencanaan dan persiapan sebelum Anda menyusun dokumen ini.

Berikut adalah lima langkah untuk menyusun prosedur operasi standar:

Kembangkan proses bisnis Anda

Pertama-tama, minta manajer berbicara dengan karyawan Anda terkait tugas yang akan mereka lakukan dalam pekerjaan mereka setiap hari. Hal ini memungkinkan mereka untuk mulai membuat daftar detail proses yang memerlukan prosedur operasi standar.

Dari sini, Anda dapat meninjau daftar tersebut dengan manajer Anda dan mencari redundansi. Daftar ini berfungsi sebagai titik awal untuk membuat prosedur operasi standar Anda.

Rencanakan prosesnya

Pada langkah ini, Anda harus menentukan format untuk proses Anda. Apakah Anda ingin menyusun panduan langkah-demi-langkah atau diagram alur kerja? Dari sini, Anda dapat membuat templat. Anda juga perlu memutuskan bagaimana prosedur operasi standar Anda dapat terlihat oleh karyawan Anda. Apakah Anda akan membuat salinan tertulis yang ditempel atau secara online?

Lakukan dialog dengan karyawan

Setelah Anda memiliki daftar proses dan membuat templat, Anda perlu mendiskusikannya dengan karyawan Anda. Hal ini penting karena Anda tidak dapat sepenuhnya memahami proses kecuali Anda telah mendiskusikannya dengan orang-orang yang melaksanakannya setiap hari. Membahasnya dengan pihakn manajemen saja tidak cukup.

Tulis dan review proses tersebut

Setelah Anda mendiskusikannya dengan karyawan Anda, segera tambahkan catatan Anda ke templat. Dari sana, Anda dapat meninjau prosedur operasi standar Anda sekali lagi dengan karyawan dan mendapatkan masukan dari manajer Anda. Anda juga harus menentukan siapa penanggung jawab atas pengawasan dan penegakan prosedur operasi standar.

Ingatlah bahwa semua prosedur operasi standar harus mudah dipahami dan menggambarkan fungsi masing-masing bidang bisnis Anda dengan jelas.

Pertahankan prosesnya

Tugas Anda belum selesai setelah prosedur operasi standar ditulis! Agar tetap relevan dan berguna, Anda harus mempertahankan dan memperbaruinya setidaknya sekali setahun.

Prosedur operasi standar tertulis tidak hanya membuat karyawan Anda tahu bagaimana mereka seharusnya melaksanakan tugasnya, tapi juga membuat mereka paham kenapa mereka harus mematuhi prosedur operasi standar tersebut. Ketika Anda menjelaskan kepada karyawan Anda mengapa pekerjaan mereka dilakukan dengan cara tertentu, mereka akan menyelesaikannya setidaknya tanpa beban.

Penyusunan prosedur operasi standar memang memakan waktu yang lama tetapi memiliki manfaat yang sepadan. Prosedur operasi standar ini mampu menghemat banyak waktu dan mengurangi potensi kerugian.

Demikian artikel SOP. Butuh jasa translate SOP atau jasa penerjemah SOP atau jasa translate lain? Kontak saja tim kami.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"