fbpx

"jasa-translate-cv"Jasa Translate Curriculum Vitae, Jasa Penerjemah Curriculum Vitae | Mungkin Anda pernah mendengar tentang Curriculum Vitae (CV) lebih dari sekali. Pada beberapa kasus, CV digunakan sebagai padanan resume. Pada kasus, keduanya malah sama sekali berbeda.

Sebelum membahas apa perbedaan antara CV dan resume, jika anda butuh layanan jasa translate CV, jasa penerjemah curriculum vitae, atau jasa translate daftar riwayat hidup, silahkan menghubungi tim Pro Translasi ya.

Jadi, mana yang benar? Apa itu CV? Apa CV berbeda dari resume? Jika ya, seperti apa?

Apa itu CV?

Istilah CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae (Latin), yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “daftar riwayat hidup”.

CV adalah dokumen yang menggambarkan perjalanan karier Anda selangkah demi selangkah secara mendalam, termasuk segala macam informasi pribadi. Anda dapat melihat CV sebagai deskripsi komprehensif semua hal yang pernah Anda lakukan, semua prestasi yang Anda banggakan, serta semua publikasi yang menyandang nama Anda.

Anda harus memperbarui CV setiap kali melakukan sesuatu yang baru secara akademis atau profesional. Artinya, setiap kali Anda mendapatkan pekerjaan baru, menerbitkan sesuatu yang baru, mendapatkan sertifikat baru, dan sebagainya.

Tidak ada aturan pasti tentang berapa panjang sebuah CV dibuat – tergantung pada jumlah pengalaman, berkisar antara 2 hingga 8 halaman.

Yang harus dimasukkan ke dalam CV adalah

Nama lengkap

Infromasi kontak

Gelar profesional, ringkasan resume, atau resume karir

Minat penelitian

Pendidikan

Publikasi (makalah serta buku akademis)

Pengalaman mengajar atau kuliah

Pengalaman kerja

Seminar dan pelatihan

Keterampilan

Sertifikat

Bahasa

Beasiswa

Referensi

Apa itu Resume?

Resume adalah dokumen singkat, langsung ke inti, dibuat untuk tujuan melamar pekerjaan tertentu.

Berbeda dengan CV, Anda harus membuat resume sesingkat mungkin. Pada 99% kasus, Anda ingin menjadikan resume hanya setebal 1 halaman. Jika Anda memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun, atau sangat percaya bahwa informasi tambahan yang Anda sediakan akan memberikan nilai tambah pada surat lamaran, Anda dapat menjadikannya hingga 2 halaman teratas.

Pada resume, Anda hanya menyebutkan aspek pengalaman kerja dan keterampilan yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar. Resume yang bagus menyoroti kontribusi khusus yang telah Anda buat pada pekerjaan sebelumnya dan menunjukkan bahwa keahlian Anda yang berbeda bermanfaat bagi posisi yang Anda lamar.

Resume biasanya disertai dengan pengajuan surat lamaran yang menyatakan niat Anda untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran dibuat berdasarkan keahlian dan pengalaman yang telah Anda dapatkan dalam resume, yang menjelaskan bagaimana pengalaman tersebut menjadikan Anda lebih unggul dalam pekerjaan.

Yang harus dimasukkan ke dalam Resume adalah

Nama lengkap

Nama pekerjaan Anda, atau posisi yang Anda lamar

Informasi kontak

RIngkasan resume atau resume karir

Pengalaman kerja

Pendidikan

Keahlian terkait

Bahasa dan kecakapan

Sertifikat dan minat terkait (jika ada)

Ingin belajar lebih lanjut tentang hal yang harus Anda sebutkan pada masing-masing bagian ini? Lihatlah panduan kami tentang hal yang harus dimasukkan dalam resume.

CV dan Resume – Apa Perbedaannya

Kini, setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa itu CV dan resume, berikut daftar lengkap perbedaan antara daftar riwayat hidup (CV) dan resume:

Panjang – Perbedaan pertama dan paling penting antara CV dan Resume adalah panjang masing-masing. Resume dibuat singkat dan padat (biasanya 1 halaman), sedangkan CV lebih komprehensif (bisa 2-3 halaman tergantung pada pengalaman Anda).

Fungsi – CV terutama digunakan untuk tujuan akademis, seperti melamar program penelitian, gelar Ph.D, atau bergabung dengan staf universitas. Sebaliknya, resume, dibuat untuk mendapatkan pekerjaan tetap di perusahaan.

Jenis informasi yang Anda masukkan – CV adalah buku harian akademik tempat Anda memasukkan semua kualifikasi akademik, prestasi, dan sertifikat. CV bersifat universal karena dapat diperbarui sesuai pencapaian. Sedangkan, resume harus dibuat (atau setidaknya disesuaikan) untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar, dan memiliki fokus yang lebih besar pada prestasi profesional dibandingkan akademik.

Semoga artikel pendek ini bermanfaat ya. Sekali lagi bagi yang butuh layanan jasa translate CV, jasa penerjemah resume, jasa translate daftar riwayat hidup, atau jasa translate lain, silahkan hubungi kami.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"