fbpx
082 333 555 798 admin@protranslasi.com

Jasa translate bandung profesional – Bandung merupakan kota yang berserjarah dimana bandung yang berada di provinsi  jawa barat ini. Dikenang oleh masyarakat Indonesia menjadi bandung lautan api. Dimana berdasarkan cerita dahulu untuk membendung penjajah pada saat itu yaitu dari sekutu dan NICA Belanda yang dating ke Bandung ingin menggunakan Bandung sebagai markas strategis militer dalam perang kemerdekaan Indonesia, 200.000 masyarakat bandung akhirnya membakar rumah – rumah mereka dalam selang waktu 7 jam.

Pada tanggal 12 Oktober 1945 pasukan inggris yang merupakan bagian dari Brigade MacDonalds tiba di Bandung. Sejak awal hubungan mereka dengan pemerintah RI sudah terjadi pertegangan. Mereka (pasukan inggris) menuntut agar senjata api selain milik TKR dan Polisi, harus diserahkan kepada mereka. Dilain sisi orang-orang belanda yang dibebaskan dari kamp tawanan melalukan tindakan kekerasan yang mengganggu kestabilan keamaman. Yang berakibat, terjadi bentrokan bersenjata Inggris dan TKR. Pada Malam tanggal 21 November 1945, menginisiai TKR dan badan-badan perjuangan melancarkan serangan terhadap kedudukan-kedudukan inggris di bagian utara, termasuk hotel Homann dan Hotel Preanger yang digunakan oleh mereka sebagai markas. Tak lama setelah itu tepatnya 24 November 1945 MacDonald mengultimatum kepada Gubernur Jawa Barat agar Bandung Utara kosong dari seluruah Penduduk Indonesia yang ada di sana, termasuk juga semua angkatan bersenjata.

Ultimatum dari Sekutu yang menginginkan agar Tentara Republik Indonesia (TRI, sebutan TNI pada saat itu) pergi dari kota bandung yang mendorong TRI akhirnya memutuskan melakukan operasi “bumi hangus”. Para pejuang Republik Indonesia tidak pernah rela kota bandung digunakan oleh pihak musuh yaitu sekutu da NICA untuk menjadi markas. Keputusan operasi “bumi hangus”  diambil melalui musyawarah madjelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) yang didalamnya berisi semua kekuatan perjuangan pihak Republik Indonesia pada tanggal 23 Maret 1946. Komandan divisi III TRI pada saat itu yaitu Kolonel Abdoel Haris nasoetion mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan evakuasi Kota Bandung. Dan pada hari itu juga, penduduk Bandung meninggalkan Kota bandung dan malam itu juga kegiatan pembakaran berlangsung.

Maksud dibakarnya Bandung oleh TRI pada saat itu bermaksud agar Sekutu dan NICA tidak dapat mempergunakan Bandung sebagai markas strategi Militer. Dimana-mana asap hitam mengepul membumbung tinggi di langit dan semua listrik mati. Tentara Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling besar terjadi di desa Dayeuhkolot, bagian selatan bandung, yang disana pula teradapat Gudang Amunisi besar milik tentara sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, 2 anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) melakukan misi untuk menghancurkan Gudang Amunisi milik sekutu tersebut. Akhirnya gedung amunisi tersebut meledak karena Dinamit yang dipasang oleh Muhammad Toha. Gudang besar itu meledak dan terbakar, bersama kedua milisi tersebut didalamnya (semoga Syahid, Insyaallah).

Staf Pemerintahan Kota Bandung pada saat itu ingin tetap tinggal di dalam kota, akan tetapi setelah melihat api yang berkobar-kobar mereka khawatir dengan keselamatan mereka, maka mereka memutuskan untuk ikut dalam rombongan evakuasi dari Bandung. Maka sejak pertengahan malam kota bandung telah kosong dari penduduk dan TRI, akan tetapi api masih membumbung tinggi membakar kota, sehingga bandung pun menjadi lautan api. Inilah mengapa kota bandung sejak kemerdekaan disebut kota Lautan api (Bandung Lautan Api), Jasa translate mahasiswa bandung, jasa terjemah mahasiswa bandung, jasa terjemah tersumpah bandung, jasa translate tersumpah bandung, jasa translate jurnal bandung, Jasa translate bandung online (zaman now).

WhatsApp chat Order : Hubungi Kami @ 082 333 555 798