fbpx
082 333 555 798 admin@protranslasi.com

"belajar pronunciation"Apakah anda merasa kesusahan saat berbicara bahasa inggris dan belajar pronunciation? Apakah anda merasa logat kalian masih ikutan nempel saat berbicara dalam Bahasa inggris? Bingung gimana cara agar pelafalan kosakata dalam Bahasa inggris? Ini dia beberapa cara dan trik untuk mempelajari pronunciation.

  1.   Coba mempelajari dan melafalkan bunyi, suara bahasa Inggris dalam IPA.

Mungkin beberapa dari anda yang tidak terlalu mengerti tentang Bahasa inggris tidak akan tau kepanjangan dari IPA. Apasih tuh IPA? Ilmu Pengetahuan Alam kah? Atau Ilmu Perdukunan Anak? Hahaha. Kepanjangan IPA yg benar dalam konteks permasalah ini yang benar adalah International Phonetic Alphabet (IPA). Terus apasih IPA itu dan apa kegunaannya? IPA Adalah cara pengucapan Bahasa yang disalur dengan alphabet. Tiap Bahasa memiliki pengucapan yg berbeda. Berikut contoh IPA dalam belajar Bahasa inggris yang terbagi menjadi 2 kategori yaitu vowel dan consonant

    2.  Mencoba mempelajari tentang penekanan kata dan transkripsi fonetik

Transkripsi Fonetik

Biasanya Transkripsi fonetik dituliskan dalam International Phonetic Alphabet (IPA), yang mana setiap suara dalam bahasa Inggris memiliki symbol-simbol tersendiri. Contohnya, transkripsi fonetik dalam IPA yang berbasis ada yang noʊ , dan transkripsi “do” adalah Du Biasanya transkripsi fonetik diberikan dalam tanda kurung, seperti ini: /noʊ/ , /du:/

Penekanan kata

Jika pada sebuah kata memiliki banyak suku kata, salah satu suku katanya selalu diucapkan lebih kuat. Hal ini disebut dengan penekanan kata atau istilah bahasa Inggrisnya disebut dengan word stress. Cobalah membuka kamus, karena kamus akan memberitahu Anda tentang suku kata yang ditekankan. Sistem yang paling populer adalah dengan menempatkan tanda garis vertikal (ʹ) sebelum suku kata yang ditekankan dalam sebuah transkripsi fonetik. Contoh : transkripsi untuk chocolate adalah /ˈtʃɒk ə lət/ , become adalah /bɪʹkʌm/ dan right adalah  /raɪt/ .

Semisa suatu kata hanya memiliki satu suku kata (Ex: right, watch, pen, ), pada kamus biasanya tidak akan menempatkan sebuah tanda stres sebelum kata tersebut. Jadi pada kata tersebut mereka tidak menulis /ʹrart/- mereka hanya menulis /raɪt/.

Tapi di beberapa kamus menggunakan sistem yang berbeda untuk menunjukkan penekanan kata. Semisal sebagai contohnya menempatkan tanda (ʹ) setelah suku kata yang ditekankan atau menggaris bawahi suku kata yang diberi penekanan.

3.    Memilih model pengucapan British atau American

American

Di dalam konteks belajar Bahasa inggris,model  pengucapan Amerika adalah pengucapan General America ( GenAm ). Pengucapan ini adalah pengucapan yang dipergunakan oleh orang-orang Amerika terdidik, maupun di televisi dan radio. Anda dapat menemukannya dalam kamus bahasa Inggris Amerika, seperti kamus Merriam-Webster dan Random House.

British (inggris)

Ketika orang berbicara tentang model pengucapan British, biasanya mereka akan berpikir tentang Received Pronunciation. Apa sih Received Pronounciation? Received Pronounciation adalah pengucapan kelas atas bangsa Inggris; terkadang juga disebut Queen’s English (Bahasa Inggris Ratu). Model pengucapan ini bisa anda pelajari di sekolah/bimbel yang berbasis British, model Bahasa ini yang diajarkan dalam buku sekolah dan kamus dari penerbit seperti Oxford dan Longman.

4.    Sering-seringlah memeriksa pengucapan kata-kata dalam kamus

Jika anda ragu-ragu untuk mengucapkan kata-kata yang mungkin pengucapannya menurut anda kurang benar. Maka cobalah membuka kamus. Sekarang di era modern ini telah banyak sekali Kamus-Kamus yang telah berbentuk software online maupun ofline. Di software itu anda bisa mendengarkan langsung pengucapan kata dari seorang native speaker yang suaranya telah direkam pada kamus itu. Ingin tahu lebih banyak belajar bahasa inggris gaul silahkan simak secara lengkap di sini.

5.    Dengar dan perhatikan

Saat anda melihat sebuah film, sinetron atau pada saat mendengarkan sebuah music. Jika anda memerhatikan dengan jeli maka akan mengetahui jika masing-masing film mempunyai accent yang berbeda. Contoh: film Harry Potter yang sangat kental dengan accent British nya.

6.    Memakai aplikasi untuk belajar pronunciation

Di era modern ini dengan adanya teknologi yang semakin maju, kita banyak disuguhkan beberapa alat/aplikasi untuk mempermudah metode pembelajaran. Pada saat ini telah banyak beredar applikasi utk belajar pronunciation dengan mudah. Di dalam aplikasi-aplikasi ini sudah tersedia symbol phonetic dan suara yg menyebutkan symbol tersebut dengan pronunciation yang benar. Ada juga quiz/practice tester beserta pembahasan dan penjelasannya. Berikut 3 aplikasi yg dapat membantu anda untuk belajar pronunciation ;

  1. Sounds : Pronunciation App Free , publisher : Macmillan Publisher, Ltd
  2. English Phonetic Pronunciation , publisher : Stavira VN
  3. English Pronunciation , publisher : KEPHAM

Nah, aplikasi-aplikasi di atas dapat anda gunakan di smartphone/gadget anada yang berbasis system android. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa anda download langsung di Playstore. Sudah siapkah belajar bahasa Inggris?

 

 

Author : Annisa’ Khoirina H.

Mahasiswa D3 Bahasa Inggris Univ.Brawijaya

 

WhatsApp chat Order : Hubungi Kami @ 082 333 555 798