Cara Jitu dan Mudah Belajar Bahasa Inggris | Jasa Translator, Terjemahan Inggris, Translate to Indonesia

Cara Jitu dan Mudah Belajar Bahasa Inggris

November 1st, 2012 3 Comments

tips belajar bahasa inggrisAnda mungkin termasuk dari sekian juta orang yang ingin bisa bahasa inggris, baik bisa secara aktif berbicara maupun sekedar pasif bisa memahami teks atau konteks bahasa inggris. Bagi anda yang ingin bisa bahasa inggris, mari simak artikel singkat berikut yang disummary dari pengalaman penulis kuliah bahasa inggris sarjana pendidikan serta sastra Inggris serta magister ELT (English Language Teaching), termasuk pengalaman mengajar di berbagai tempat dan mendalami berbagai hal yang terkait dengan bahasa Inggris.

Bagi anda yang ingin memulai belajar bahasa inggris, ada beberapa tips yang patut anda simak berikut ini:

1.    Punyai alasan yang kuat untuk bisa berbahasa inggris

Contohnya adalah seperti agar bisa diterima di perusahaan-perusahaan gede internasonal dimana bahasa Inggris menjadi kewajiban, keinginan agar bisa semakin mudah memahami ilmu yang disampaikan menggunakan bahasa Inggris, keinginan bisa berkomunikasi dengan native, keinginan agar bisa mendapat TOEFL atau IELTS tinggi sehingga nanti mudah kalo mau keluar negeri, keinginan agar bisa mengajar atau menerjemahkan bahasa Inggris, keinginan bisa membaca novel berbahasa Inggris dan lain-lain.

2.    Tentukan aspek/skill/komponen utama apa dari bahasa inggris yang anda mau kuasai.

Dalam bahasa inggris ada istilah skill (keahlian) dan component (komponen bahasa) yang mendukung terwujudnya bahasa. Untuk skill, terbagi ke dalam reading dan listening (receptive skills) serta writing dan speaking (productive skills). Sedangkan untuk English component terdapat vocabulary (kosakata), grammar (tata aturan), dan beberapa aspek komponen lainnya.

Dalam mempelajari bahasa inggris, terutama bagi yang belum belajar bahasa inggris secara mendalam, anda sebaiknya pilih satu atau dua skills atau component dulu, dan fokus ke satu kesitu. Jika anda ingin bisa speaking, maka fokus anda adalah ke penggunaan langsung secara oral. Jika anda ingin pinter reading, maka harus fokus ke penelaahan teks dan teori-teori aplikasinya. Jika anda pingin pinter grammar, maka banyak berinteraksi dengan aturan, dan seterusnya.

>>> Untuk penjelasan tentang English skills dan components secara lebih detail beserta tips-tipsnya akan diposting di website ini di postingan-postingan kedepan.

3.    Kuasai juga aspek/skill/komponen pendukung

Selain fokus ke satu skill/komponen, anda juga harus menyokongnya (ingat, yang ini hanya sebagai penyokong dan bukan utama) dengan skill/komponen lain. Semisal anda pingin pinter speaking, maka selain anda banyak practice dan belajar hal-hal terkait speaking termasuk metodenya, anda juga perlu menyokongnya dengan vocabulary atau grammar, yang fungsinya adalah menyokong.

>>> Di postingan ke depan saya juga akan menjelaskan tips belajar grammar, termasuk semua tenses (tenses bisa dikuasai hanya dalam 5 menit dan terbukti jitu, termasuk saat ini saya ajarkan ke para dosen), dan juga tips belajar vocabulary yang efektif dan tok cer.

4.    Cari approach (pendekatan), method (metode), technique (teknik), atau strategi belajar bahas inggris yang pas dengan anda.

Di dalam bahasa inggris ada istilah approach/method/technique/strategy yang masing-masing mempunyai makna dan konsep berbeda, serta banyak macamnya. Setiap orang mempunyai cara belajar yang paling pas dengan dirinya termasuk tujuan bisa berbahasa inggris. Ada banyak pilihan yang bisa dipakai, tinggal kita memilih cara yang pas dengan kita, termasuk tujuan kita dalam berbahasa Inggris.

>>> Di postingan ke depan akan saya ulas macam-macam approach/method/technique/strategi

5.    Sering-sering berinteraksi dengan hal-hal yang berbau bahasa inggris, termasuk anda bisa mulai dari hal yang anda sukai.

Ini bisa anda lakukan dengan membaca artikel ringan bahasa inggris, novel, komik, baca-baca iklan bahasa inggris dan lain-lain yang anda sukai.

>>> Tips-tipsnya akan kami posting juga ke depan

6.    Cari partner yang bisa mendukung dan menguatkan

Partner ini cukup besar pengaruhnya, karena selain bisa saling tukar ilmu, juga bisa menjadi penguat dan penyemangat. Apalagi kalau pingin mantap speakingnya, partner merupakan katalisator yang luar biasa.

7.    Kalau anda ingin mendalami bahasa inggris lewat kursusan, cari kursusan yang pas dengan tujuan anda belajar bahasa inggris, dan cari kursusan yang emang gak asal-asalan.

Cari kursus bahasa inggris ga harus yang mahal, tetapi menyokong dalam membuat anda pinter bahasa inggris. Saat hendak memilih kursusan, anda bisa menanyakan atau mencari infomasi dari sebuah kursusan terkait pengajar, materi, kurikulum, fasilitas, termasuk metode pengajarannya, serta yang pasti adalah tarifnyaJ.

8.    Lakukan practice setiap hari.

Coba anda praktek setiap hari. Semisal anda pingin pinter speaking, berarti setiap harinya anda nrocos aja pake bahasa inggris. Saya dulu pas kuliah S1, biasanya setelah maghrib-an saya sering naik ke lantai paling atas kos untuk ngomong-ngomong Inggris sendirian, termasuk niruin cara baca berit abahasa ingris yang bagus.

9.    Mulai sekarang juga…!

Anda ga akan pernah mulai kalau ga ambil langkah pertama dan langsung action.

Semua  tips yang saya berikan termasuk artikel yang saya tulis saya ambil dari pengalaman-pengalaman saya, termasuk kajian-kajian ilmiah yang ada landsan penelitiannya, jadi bukan asal-asalanJ. Dan yang terpenting adalah bahwa kita belajar bahasa Inggris adalah agar bisa menggunakannya, jadi bukan hanya kita belajar skill/component yang hanya dijadikan “alat”. Percuma saja kita pinter grammar atau reading tapi tidak bisa menggunakannya. Kekeliruan ini karena kita belajar bahasa Inggris pada “alat-nya” saja, bukan karena untuk bisa menggunakannya. So, belajar bahasa Inggris itu mudah banget, it’s just a piece of cake.

Sampai ketemu di postingan berikutnya. Salam pro…!

 

If You Like This Post, Share it With Your Friends & Peers

Digg
stumbleupon
Delicious
facebook
twitter
reddit
rss feed bookmar
   

3 Comments to “Cara Jitu dan Mudah Belajar Bahasa Inggris”

  1. haris says:

    artikelnya bagus banget gan, sangat bermanfaat. Dan memang benar-benar aplicable. Sekarang bahasa Inggris sangat penting, dan bisa menguasainya memang sangat diperlukan.

  2. vanee says:

    Ini artikel bagus banget, dan semua tips-tipsnya mengena. Kita tunggu postingan-postingannya ya…

  3. rahma says:

    Asli mantap gan artikelnya, bagus banget. Ini juga lagi belajar bahasa inggris nih. Butuh banyak ilmu. Nanti kalo postingan lanjutannya udah diupload, pasti ta baca deh. Thanx ilmunya mas.

Leave your comment here:

KLIEN KAMI (SEBAGIAN)


CONTACT US

"Gambar Pro Translation"

DISKON KHUSUS

DAPATKAN POTONGAN HARGA SPESIAL UNTUK: *Kalangan akademisi (Mahasiswa S1, S2, S3, Dosen, Guru) *Semua terjemahan diatas 50 halaman. Dapatkan diskon ini sekarang juga...!

KOMENTAR KLIEN

Semoga kedepannya kita bisa kerjasama lebih lanjut ya (Melanie, Jakarta) ................................................................ Makasih banyak ya, Best regards for the them who did the analysis (Nanda, Bogor) ................................................................ Sama-sama ya mas, senang bisa bekerja sama. Lain kali saya kontak lagi ya. Thanx. (Amel, Surabaya) ................................................................ Hasilnya sudah saya terima pak, sangat baik pak, terima kasih (Andre, Jakarta) ...................................................................... Iya pak, saya sudah terima. Sangat memuaskan! Terima kasih banyak (Aylin, Bali) ................................................................... Great Job...! (Asmi, Bogor) ................................................................

INGIN JADI PENERJEMAH?

PROJECT MANAGER

"Operational Manager"
Andriys Ariesson Harieska Prajas, S.Pd.,S.S
(Master Cand. of ELT of State Univ of Malang)
OFFICE: Perumahan Muara Sarana Indah Blok AA/4, Jetis Mulyoagung Dau, Malang. Hub.085-635-202-96/085-334-098-303

HISTATS

WEBSITE KAMI

www.terjemahinggrisindonesia.com ...................................................................... www.jasa-penerjemahan.com ...................................................................... www.jasa-translator.com ......................................................................