fbpx

jasa translate, jasa penerjemah, jasa translate solo, jasa penerjemah soloKota Solo adalah salah satu kota yang terletak di provinsi jawa tengah, kota Solo sendiri memiliki gerbang internasional yang dapat diakses langsung dri kuala lumpur dan singapura. Selain itu juga dapat diakses langsung dari Jakarta atau Bali melalui Yogjakarta. Kota yang menjadi salah satu pusat pengembangan tradisi Jawa ini memiliki populasi sekitar 500.000 penduduk yang dikenal sangat kental dengan budaya Jawanya. Sejak abad ke-19 Solo memiliki kejayaan dalam mendorong perkembangan sastra Jawa, kuliner, fashion, arsitektur, dan berbagai budaya lainnya.

Warga kota Solo berkomunikasi dengan menggunakan dialek Bahasa jawa mataraman (Jawa Tengah). Dialek ini juga digunakan di wilayah Yogykarta, Semarang, Magelang, Madiun, Pati, hingga sebagian wilayah Kediri. Akan tetapi dialek wilayah Solo terkenal dengan dialek yang lebih halus dalam penggunaan kata-kata di percakapan sehari-hari. Jika bicara mengenai iklim kota Solo, kota ini berada di wilayah iklim ekuatorial, hangat dan lembab sepanjang tahun dengan temperature udara rata-rata 28°C dengan intensitas curah hujan yang cukup selama musim hujan pada bulan desember hingga maret.

Kota Solo adalah salah satu kota yang memiliki banyak warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO, seperti;

  • Keris

keris adalah jenis senjata tajam tradisional. Sejak pada tahun 2015, keris telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Dalam perkembangan keris di negara ini kota Solo memiliki peran penting, sejak dari era kerajaan, keris Pengging Jenggala Tunjungseta hingga jaman era Keraton Surakarta. Sehingga sampai sekarang Solo memiliki pusat pembuatan keris yang berlokasi di Besalen. Di Besalen kita bisa melihat dan belajar langsung cara membuat keris dari ahlinya. Bahkan kita juga bisa mendalami cerita di balik keris, fillosofi dan kekuatan yang ada di dalam keris.

  • Batik

Selain keris, Batik juga dideklarasikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada 2 Oktober 2009. Segala hal yang berkaitan dengan batik ada di Solo, mulai dari desain, proses pembuatan, pengemasan hingga proses produksi sehingga menjadi baju atau produk lainnya.

  • Wayang

Wayang adlah salah satu warisan budaya yang juga dimiliki Solo. UNESCO telah menetapkan wayang sebagai warisan dunia sejak 7 November 2003 sebagai karya budaya yang bernilai tinggi dan mengagumkan dalam bidang cerita narasi. Salah satu pertunjukan wayang yang ada sejak dulu, serratus tahun yang lalu adalah Wayang Wong Sriwedari. Selain menarik untuk ditonton di depan panggung, wayang Sriwedari juga menarik dipelajari dali balik panggung. Di sini penonton dapat berdialog langsung dengan para pemain wayang wong setelah pertunjukan sehingga bisa mengetahui lebih banyak tentang wayang dan cerita yang dimainkan. Dan tak kalah menarik kita juga bisa melihat cara pembuatan wayang kulit dari beberapa daerah sekitar Solo raya misalnya di desa Sidowarno, Klaten, dan Museum Wayang di Wuryantoro, Wonogiri.

Dan masih banyak lagi warisan dunia yang berada di Kota Solo yang sangat berkesan ini. Betapa ruginya kita jika jalan-jalan ke provinsi Jawa tengah tetapi tidak sempat mengunjungi kota Solo yang sangat menjunjung tinggi dan melestarikan nilai budaya jawa yang sangat beragam ini.

Bagi anda warga Solo, yang membutuhkan jasa translate Solo, jasa penerjemah solo, jasa translate, atau jasa penerjemah, atau jasa penerjemah tersumpah, silahkan menghubungi kami, Pro Translasi. siap membantu anda, apalagi di era industri 4.0 ini yang semua bisa terhubung secara online.

WhatsApp Butuh Bantuan?? "CLICK HERE"