fbpx

"na"Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit mengenai Pengertian Gerund – Gerund merupakan sebuah kata kerja yang berakhiran dengan -ing yang memiliki fungsi sebagai kata benda. Gerunds ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan Participles, yakni sama – sama berakhiran dengan -ing, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Untuk yang Participles kami akan membahasnya secara terpisah.

Di bawah ini kami akan membahas fungsi dari Gerund. Hal yang sangat perlu diingat yaitu adalah Gerunds bisa dianggap sebagai Singular dan juga kata gantinya adalah “it”.

Kapan kita bisa menggunakan Gerund?

1. Sebagai Subjek Kalimat

Apabila kita ingin menggunakan dan meletakkan Kata Kerja pada awal kalimat, maka kita harus mengubahnya bentuk kalimatnya menjadi V- ing.

2. Sebagai Objek Kalimat

Apabila Kata Kerja yang berfungsi sebagai sebuah Objek Kalimat, maka gunakan juga V – ing ( Gerunds ) yang berposisi sebagai objek.

3. Sebagai Subjective Complement

Apabila ada kata kerja yang sedang berfungsi sebagai kalimat pelengkap atau pokok kalimat, maka juga harus dibentuk dengan menggunakan V-ing. Bentuk ini biasanya setelah pada kalimat setelah kata “to be”.

4. Setelah Kata No..!

Pada ungkapan larangan setelah kata “ No ” juga harus dibuat di dalam bentuk V – ing ( Gerunds ).

5. Setelah Possessive Adjectives

Apabila Anda ingin meletakkan kata kerja pada atau setelah kata kepunyaan seperti contoh my, our, her, dan lain lain, maka kata kerjanya juga harus ada di dalam bentuk Gerunds atau V – ing.

6. Menyatakan Kalimat Pasif

Untuk dapat menyatakan kalimat pasif, khususnya pada posisi setelah Kata Kerja Want, Need, require, dan juga deserve, maka harus menggunakan Gerunds atau V – ing.

7. Sebagai Idimatic Expression

Untuk fungsi yang seperti ini biasanya berpola dengan “ GO + V – ing “.

8. Setelah Kata Depan ( Prepositions )

Apabila ada kata kerja yang berada di posisi setelah kata depan, maka harus di bentuk di dalam kalimat tersebut dengan menggunakan Gerunds.

9. Setelah Kata Kerja Tertentu

Apabila ada kata kerja yang berposisi setelah kata kerja di bawah ini, maka kata kerja yang kedua tersebut harus berada dalam bentuk Gerunds atau V – ing.

Appreciate, delay, hate, practice, resent, suggest, understand, recall, dan lain sebagainya..

10. Sebagai Pelengkap Idiom

Apabila ada kata kerja yang berada di posisi setelah idiom seperti di bawah ini, maka juga harus berada di dalam bentuk Gerunds atau V – ing.

Fell like, Cant’t help, can’t stand, don’t mind, look like, it’s wort, it’s not good, it’s not use, dan lain sebagainya.

11. Sebagai Kata Sifat

Apabila ada kata kerja yang berada di posisi setelah kata sifat seperti di bawah ini, maka juga harus berada di dalam bentuk Gerunds atau V – ing.

Lovely, able, abstract, married, necessary, beautiful, opposite, beside, quiet, determined, responsible, dan lain sebagainya.

Demikian postingan kami mengenai Pengertian Gerund. Masih banyak lagi ilmu bahasa Inggris lainnya yang akan kami posting lagi sebagai bahan pembelajaran buat kita semua yang ingin memperdalam ilmu bahasa Internasional tersebut. Thanks 🙂

WhatsApp chat WhatsApp us