fbpx

"mp"Pengertian Bahasa – Penerjemahan merupakan suatu tindak komunikasi, sebagai suatu tindak komunikasi kegiatan tersebut  tentunya tidak terlepas dari yang namanya bahasa. dengan demikian, penerjemahan itu merupakan suatu kegiatan yang melibatkan bahasa, dan di dalam pembahasannya itu tidak dapat mengabaikan sebuah pemahaman mengenai konsep – konsep kebahasaan itu sendiri.

Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang terpenting bagi manusia, adapun juga defenisi bahasa menurut beberapa para ahli. bahasa merupakan sebuah system simbol yang bersifat manasuka dan juga dengan system itu sendiri suatu kelompok social bisa  bekerja sama. Akan tetapi ada juga beberapa ahli bahasa yang juga beranggapan bahwa bahasa merupakan sebuah system yang berstruktur mengenai bunyi dan juga urutan bunyi bahasa yang sifatnya adalah manasuka, yang dapat digunakan di dalam komunikasi antara individu oleh sekelompok manusia dan juga yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda – benda, peristiwa – peristiwa dan juga proses – proses di dalam lingkungan hidup seorang manusia.

Maka bahasa juga dapat diartikan sebagai suatu alat untuk mengungkapkan tujuan dan juga fikiran seseorang kepada orang lain, yang ada disekelilingnya baik itu berupa symbol bunyi di dalam bentuk ujaran maupun itu berupa symbol huruf di dalam bentuk lisan.

Bahasa juga merupakan sebuah sistem yang mempunyai struktur sebagaimana halnya dengan sistem yang lain. Bahasa mamiliki pola dan juga berdasarkan pola itulah bahasa bisa digunakan. Pola tersebut pada umumnya yaitu bersifat statis, perubahan yang mendasar jarang terjadi dan apabila itu terjadi tentu melalui proses yang cukup lama. Karena bahasa itu juga memiliki pola – pola maka bahasa tersebut merupakan sebuah sistem. Salah satu ciri dari sistem berstruktur, sebagaimana sistem bahasa merupakan aktivitas berbahasa yang bergerak ke satu arah dan juga unsur – unsur yang terlibat di dalamnya tampak tersusun secara berurutan, yaitu unsur yang satu diikuti oleh unsur yang lainnya sehingga tidak ada unsur yang muncul ataupun hadir secara bersamaan. Kata bahasa misalnya harus di ucapkan di dalam urutan tersebut tidak akan bisa diubah dengan tidak menimbulkan perubahan ataupun dengan penghilangan makna.

Bahasa yang sifatnya adalah manasuka tidak ada hubunganya antara kata dan juga benda yang diwakilinya. misalnya, tidak ada kaitan diantara kata anjing dan juga wujud benda yang diwakili atau yang di rujuk oleh kata tersebut. Dengan menggunakan bunyi yang berbeda, kata anjing juga mempunyai makna yang sama yaitu dengan “ dog ” yang didalam bahasa Inggris juga berarti anjing. Di samping yang sifatnya manasuka maka semua orang bebas memberi nama kepada benda ataupun kepada situasi yang ditemuinya. Dengan kata lain beberapa orang dapat melihat atau juga dapat merasakan peristiwa yang sama akan tetapi mereka akan menyampaikan secara berbeda – beda.

Demikian penjelasan kami mengenai Bahasa. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

WhatsApp chat WhatsApp us