fbpx

"y"Metode Pembelajaran Bahasa Inggris merupakan peranan yang sangat penting di dalam kegiatan proses belajar bahasa Inggris ini. Ada sangat banyak siswa yang mampu untuk mencapai prestasi lebih baik karena dalam proses pembelajarannya diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran bahasa Inggris yang sangat tepat. Begitu juga sebaliknya, kebanyakan dari siswa tersebut merasa bosan dan juga enggan untuk belajar bahasa Inggris di karenakan metode yang di pakai begitu sangat membosankan.

Sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris juga merupakan sebuah kunci di dalam pembelajaran. Apabila seorang guru telah menerapkan metode yang sangat kurang tepat serta sangat membosankan, maka habislah sudah murid di kelas tersebut. Rata – rata, siswa akan sangat cenderung bosan dan juga tidak akan menyukai kelas bahasa Inggris yang sedang berlansung selama hampir sekitar dua jam. Jenis metode belajar bahasa inggris seperti apakah yang sangat wajib diketahui oleh seorang guru ? Di bawah ini, kami akan memberikan informasi mengenai 4 macam metode belajar yang wajib untuk diketahui.

1. Grammar Translation Method

Merupakan sebuah metode yang sangat lama ada di dalam dunia pembelajaran bahasa Inggris. Di Negara Indonesia sendiri, masih baru menggunakan metode Grammar Translation Method ini dari sejak pengajaran bahasa Inggris terjadi hingga sampai saat ini. Apa sebenarnya Grammar Translation Method ?

Grammar Translation Method ini merupakan metode dimana sebuah grammar atau tata bahasa akan lebih ditekankan. Selain dari tata bahasa, juga terdapat translate atau yang biasa disebut dengan alih bahasa yang lebih sering digunakan untuk mengajarkan kosa kata.

2. Audio Lingual Method

Audio Lingual Method merupakan sebuah metode pembelajaran di dalam bahasa Inggris dimana seorang guru mempraktikkan suatu dialog pendek yang artinya sama sekali belum bisa diterjemahkan oleh seorang siswa. Guru akan memberikan instruksi kepada siswa tersebut untuk mengikuti dialog tersebut dan juga siswa yang akan menebak maksud sebuah dialog tersebut dari mimik, pose dialog, dan juga beragam hal yang telah dipraktikkan oleh seorang guru tersebut.

3. Silent Way

Silent Way biasanya digunakan untuk mengajarkan ilmu matematika. Akan tetapi, dewasa ini, metode pembelajaran bahasa Inggris yang bernama silent way ini juga merupakan metode yang sangat powerful apabila diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Silent way merupakan sebuah metode yang menggunakan rods atau batang yang digunakan sebagai medianya. Rods mempunyai warna dan juga mempunyai panjang yang berbeda. Dengan rods, seorang guru akan mengajarkan banyak hal mengenai berbicara dan juga tata bahasa di dalam bahasa Inggris.

4. Total Physical Response

Awal mulanya guru akan melakukan beberapa pekerjaan contohnya dengan berjalan, duduk, memegang telinga, menaruh penggaris, atau juga menulis. Akan tetapi sebelum guru melaksanakan semua hal pekerjaan tersebut, dia akan memerintah dirinya terlebih dahulu dengan menggunakan instruksi bahasa Inggris.

Setelah beberapa kali dilakukan pengulangan melalui perintah yang telah dilakukan dan akan dilaksanakan oleh dirinya sendiri, pada tahap selanjutnya seorang guru akan memberikan perintah kepada seorang siswa dengan perintah yang sama persis dengan dirinya tadi. Melalui perintah tersebut, seorang siswa diharapkan mampu untuk melaksanakan sesuai dengan apa yang di perintahkan dan sesuai contoh yang tadi diberikan. Tentu saja, seorang guru tidak melaksanakan perintah tersebut dan dia hanya saja memberikan koreksi.

Demikianlah postingan kami mengenai metode pembelajaran bahasa Inggris yang sangat banyak digunakan dan sangat wajib hukumnya untuk diketahui secara detail. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

WhatsApp chat WhatsApp us