fbpx
082 333 555 798 admin@protranslasi.com

"unmul"Jasa Translate Universitas Mulawarman (Unmul) | Jasa Penerjemah Samarinda Online – Universitas Mulawarman, yang disingkat dengan Unmul, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas Mulawarman (Unmul) ini berdiri pada tanggal 27 September tahun 1962, sehingga merupakan sebuah universitas tertua yang berada di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman ini merupakan sebuah perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang terbesar di Kalimantan, dengan jumlah mahasiswa telah mencapai lebih dari 37.000 orang. Kampus utamanya yang terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya berada di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan juga Jalan Flores.

Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 1960-an ini masih berupakan daerah yang sangat sedikit penduduknya dan juga penyebarannya tidak merata, bahkan banyak sekali daerah yang terisolir. Dari kota Balikpapan menuju ke kota Samarinda saja harus ditempuh dalam waktu sekitar 1 hari melalui jalan darat dan sungai. Banyak sekali putra daerah Kalimantan Timur yang melanjutkan pendidikan tinggi harus menuju Banjarmasin, Makassar atau kota-kota yang berada di pulau Jawa. Karena itulah, atas tekad dan juga keinginan dari pihak masyarakat Kalimantan Timur, direncanakanlah sebuah pendirian perguruan tinggi di Samarinda. Gubernur Abdoel Moeis Hasan yang kemudian meminta Bupati Soebrata Yoeda Soebrata untuk mengadakan pertemuan dengan pemuka masyarakat di Samarinda dan juga kemudian berdasarkan dengan keputusan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur pada tanggal 7 Juni tahun 1962 dibentuklah Perguruan Tinggi Mulawarman di Samarinda. Jasa Penerjemah Universitas Mulawarman (Unmul).

Demi untuk menopang kebutuhan dana, fasilitas, dan juga peralatan Perguruan Tinggi Mulawarman, ditetapkan juga sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Mulawarman yang dipimpin oleh Abdul Aziz Samad, didampingi dengan sekertaris E. Abdul Samad dan juga bendahara Dorinawati Samalo (Ny. Lo Beng Long). Kemudian pada tanggal 28 Juni tahun 1962 ditetapkan pula Presidium untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi Mulawarman dengan Sekretaris Drs. Achmad Dahlan dan yang dibantu dengan Husein Achutanair dan Syahidin, BA sebagai salah satu penyelenggara administrasi yang berkoordinasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan juga Ilmu Pengetahuan di Jakarta. Kemudian dibentuklah Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi Mulawarman yang diketuai langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, Abdoel Moeis Hasan, dengan Ketua II yaitu Kolonel Soeharjo, Sekertaris II Drs. Achmad Dahlan (Departemen Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah) dan beranggotakan Pandji Adiamidjaja, SH (Kepala Wilayah Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur), Amir Datuk Palindih (Kepala Polisi Komisariat Kalimantan Timur), Letnan Kolonel Ngoedio, Bc.HK (Walikota Samarinda), Sayid Mochsen (Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kalimantan Timur), Drs. Anwar Chanani (Departemen Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah), Drs. Soejitno (Departemen Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah), M. Saleh Nafsi, SH (Departemen Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah), Ir. Gazaly (Kepala Planologi dan Perhutanan di Samarinda), Ir. Ismet Hakim (Jawatan Pertanian), Soetopo, SH (Kehakiman), dan Ny. Djumantan Anang Hasyim. Sebagai Pengurus Perguruan Tinggi Mulawarman kemudian ditetapkan dengan Ketua Sayid Mochsen dan dibantu Letnan Kolonel Ngoedio, Bc.HK sebagai Wakil Ketua, dan juga A. Sanie Rachman sebagai Sekertaris I, Syahidin, BA sebagai Sekertaris II dan yang beranggotakan Ny. Djoemantan Anang Hasyim,  M. Saleh Nafsi, SH, Drs. Anwar Chanani, Ir. Gazaly, Ir. Ismet Hakim, dan juga Aji Bambang Malik. Jasa Translate Samarinda Online .

Perguruan Tinggi Mulawarman ini kemudian ditetapkan sebagai Universitas Kalimantan Timur berdasarkan dengan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Thoyib Hadiwidjaja pada tanggal 28 September tahun 1962. Akan tetapi nama ini telah dikembalikan menjadi Universitas Mulawarman dan juga telah dikukuhkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada tanggal 23 April tahun 1963. Tanggal 27 September tahun 1962 kemudian juga telah ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman (Unmul).

Universitas Mulawarman (Unmul) untuk Jasa Penerjemah Abstrak Samarinda dan juga Jasa Translate Jurnal Samarinda. Segera hubungi kami!!!

WhatsApp chat Order : Hubungi Kami @ 082 333 555 798