"undip"Jasa Translate Universitas Diponegoro (Undip) | Jasa Penerjemah Semarang Online |Translate Jurnal AbstrakUniversitas Diponegoro yang biasa dikenal dengan sebutan Undip ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang ada di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta dan yang baru saja mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Kata Diponegoro ini diambil dari salah satu nama pahlawan nasional yang juga merupakan seorang pangeran yang pengobar semangat kemerdekaan dari sebuah tindakan kolonialisme Belanda pada awal abad yang ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pada pendirian Undip.

Sejarah Universitas Diponegoro (Undip)

Sekitar pada awal tahun 1950-an masyarakat yang berada di Jawa Tengah pada umumnya dan juga masyarakat Semarang khususnya, membutuhkan kehadiran sebuah universitas sebagai salah satu pelaksana pendidikan dan juga pengajaran tinggi. Hal itu untuk membantu pemerintah didalam menangani dan juga melaksanakan pembangunan di segala macam bidang. Pada waktu itu di Provinsi Jawa Tengah dan juga Yogyakarta hanya memiliki Universitas Gajah Mada yang sudah berstatus sebagai universitas negeri. Simak artikel lain dengan klik link berikut:
Jasa Translate Abstrak dan jurnal di Semarang.

Jumlah lulusan SMU yang berada di Jawa Tengah bagian utara yang akan melanjutkan pendidikan tingginya di universitas semakin meningkat, akan tetapi karena masih sangat terbatasnya jumlah universitas yang ada, sehingga tidak semua lulusan bisa tertampung. Menyadari akan kebutuhan pendidikan tinggi yang semakin lama semakin mendesak, kemudian dibentuklah Yayasan Universitas Semarang dengan Akte Notaris R.M. Soeprapto No. 59 pada tanggal 4 Desember tahun 1956 sebagai langkah awal didirikannya sebuah universitas di Semarang dengan menggunakan nama Universitas Semarang.

Jasa Penerjemah Universitas Diponegoro (Undip). Pendirian Universitas Semarang ini ternyata mendapat tanggapan dan juga bantuan dari banyak pihak, khususnya dari masyarakat Semarang, dan Pemda Propinsi Jawa Tengah, serta dari Pemkot Semarang. Secara resmi Universitas Semarang telah dibuka pada tanggal 9 Januari tahun 1957, sebagai seorang Presiden Universitas diangkatlah Mr. Imam Bardjo. Waktu itu beliau juga telah memberikan mata kuliah umum mengenai Hak-hak Azasi Manusia.

Akademi Tata Niaga atau yang sekarang sudah menjadi Fakultas Ekonomi telah dibuka pada tanggal 21 September tahun 1958, sebagai dekan yang pertama, Dr. Tjioe Sien Kiong. Sedangkan dari pendidikan Akademi Teknik, yang kemudian berubah menjadi Fakultas Teknik, yang dibuka pada tanggal 20 Oktober tahun 1958, dengan dekan pertama yaitu, Prof. Ir. R. Soemarman.

Pada upacara Dies Natalis yang ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari tahun 1960 Presiden R.I. Dr. Ir. Soekarno telah mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro, sebagai, salah satu penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasinya didalam pembinaan bidang pendidikan tinggi yang ada di Jawa Tengah. Universitas (swasta) Diponegoro ini dinyatakan sebagai Universitas Negeri, terhitung sejak mulai tanggal 15 Oktober tahun 1960 tanggal inilah yang kemudian juga ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Diponegoro. Pada waktu itu fakutas-fakutas yang sudah berdiri yaitu Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat; Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan juga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) dengan cabangnya yang ada di Surakarta, yang kemudian menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Pada perkembangannya kemudian, atas dasar dari Surat Keputusan Presiden RI. No. 1 tahun 1963, IKIP Universitas Diponegoro ini melepaskan diri dan juga kemudian berdiri sendiri sebagai IKIP Negeri di Kota Semarang dan juga IKIP Negeri di Kota Surakarta. Jasa Translate Semarang Online.

Fakultas Ekonomi di Universitas Diponegoro telah lahir pada tanggal 14 Maret tahun 1960, ketika sedang mempersiapkan diri sebagai Universitas Negeri. Sebelum terbentuk Fakultas Ekonomi, yang ada di Undip yaitu Akademi Tata Niaga yang merupakan kelanjutan dari Akademi Tata Niaga di Universitas Semarang. Berdasarkan Peraturan dari Pemerintah No. 7 Tahun 1961 Universitas (swasta) Diponegoro ini dinyatakan sebagai Universitas Negeri terhitung sejak mulai tanggal 15 Oktober tahun 1960.

Setelah diberlakukannya Sistem Kredit Semester pada tahun 1980 secara bertahap dan juga mulai menghasilkan Sarjana Ekonomi sejak pada tahun 1984, rata-rata lulusan adalah 180 orang per tahun. Sampai dengan tanggal 31 Juli tahun 2006 jumlah seluruh lulusan program S1 sebesar 8.826 orang. Sedangkan lulusan untuk Program D III sampai dengan tanggal 31 Juli 2006 sebanyak 7.084 orang.

Sampai saat ini ada 11 macam fakultas yang ada di Undip, antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik,  Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Psikologi.

Jasa Penerjemah Abstrak Semarang dan juga Jasa Translate Jurnal Semarang di Universitas Diponegoro (Undip). Segera hubungi kami Jasa Translate Abstrak Jurnal!!!