fbpx
082 333 555 798 admin@protranslasi.com

"its"Jasa Translate Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) | Jasa Penerjemah Surabaya Online – Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang biasa disingkat dengan ITS merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Surabaya. ITS ini awalnya didirikan oleh sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang pada saat itu diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November tahun 1957.

Dies Natalis ITS pertama yaitu 10 November 1960, sementara nama ITS mulai digunakan didalam Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961 (ditetapkan tanggal 23 Maret pada tahun 1961). Didalam visi pertama, ITS ini ditujukan untuk mendidik para pemimpin yang unggul dibidang sains dan juga teknologi, untuk dapat mengangkat Republik Indonesia menjadi sebuah negara berperadaban maju dan tinggi. seperti halnya Jasa Penerjemah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), sebagai salah satu Jasa Translate Surabaya  yang mungkin bisa membantu Anda menangani masalah alih bahasa Anda.

Kampus ITS Sukolilo ini menempati areal seluas jurang lebih 180 hektare, dengan luas bangunan total seluruhnya kurang lebih yaitu 150.000 m2. Selain itu juga terdapat Kampus Manyar yang juga dipergunakan oleh Program D-3 Teknik Sipil dengan luas bangunan sekitar 5.176 m2 dan jugaKampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan total luas bangunan 4.000 m2.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini sangat melekat dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Pendirian ITS ini juga dipelopori oleh beberapa para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia sejak pada tahun 1957, yang melibatkan Soedjasmono, dr. Angka Nitisastro, Kyai Haji Yahya Hasyim, dan juga didukung oleh Roeslan Abdulgani. Untuk bisa mempertahankan sejarah pemberian pada nama awal, kata “Nopember” didalam kepanjangan ITS tidak diubah lagi menjadi “November” sebagaimana kosakata yang baku didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Meskipun lahir tiga tahun sebelum pada tahun 1960, akan tetapi secara resmi ITS telah menetapkan tanggal kelahirannya yang bertepatan dengan Hari Pahlawan pada tahun 1960. Sedangkan Sepuluh November adalah nama bulan yang kesebelas didalam sistem penanggalan Masehi. Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak akan dijumpai sebuah kata Nopember karena kata yang baku adalah kata November.

Heroisme dan juga patriotisme rakyat Surabaya didalam upaya untuk mempertahankan kemerdekaan sudah sangat terbukti. Peristiwa di awasan Jembatan Merah Surabaya yang menjadi salah satu bukti ketidakgentaran mereka para pejuang didalam perlawanannya untuk menghadapi tentara Sekutu. Sejarah yang mencatat bahwa pada bulan September telah terjadi penyerangan terhadap markas Jepang oleh para pejuang. Sementara itu, pasukan sekutu yang sudah ada di Surabaya. Suasana kota tampak semakin panas sejak terjadinya Insiden Bendera atau Insiden Tunjungan.

Pertempuran yang berkobar didekat Jembatan Merah ini menewaskan Brigjen A.W.S Mallaby. Inggris sangat marah dan lalu mendatangkan bantuan dibawah Mayor E.C. Mansergh dan masih terus memberikan ultimatum kepada arek-arek Surabaya untuk menyerahkan senjata pada tanggal 9 November sebelum tepat pukul 18.00 WIB. Apabila ultimatum tidak dipenuhi, Surabaya akan terus diserang pada tangggal 10 November dari serangan darat, laut dan juga udara. Bung Tomo, pimpinan BPRI yang membangkitkan semangat arek-arek Surabaya untuk bisa melawan pasukan Inggris dan juga NICA (Nederlandsch Indië Civil Administratie).

Tidak ada PTN lain yang namanya akan menyandang hari yang sangat penting didalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia tersebut. Hari yang memiliki makna ruang dan sekaligus waktu. Makna ruangnya yaitu merupakan sebuah peristiwa terjadi di Kota Surabaya, sedangkan makna waktunya yaitu adalah sebuah peristiwa perlawanan dari arek – arek Surabaya yang berani menghadapi tentara Inggris dan yang berusaha mengembalikan kekuasaan kolonial Belanda di bumi yang pertiwi ini.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini juga memiliki Jasa Translate Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang juga melayani Jasa Translate Abstrak Surabaya dan juga Jasa Penerjemah Jurnal Surabaya. 

WhatsApp chat Order : Hubungi Kami @ 082 333 555 798