fbpx
082 333 555 798 admin@protranslasi.com

"unmul"Jasa Penerjemah Bahasa | Jasa Translate Universitas Mulawarman –  Universitas Mulawarwan merupakan sebuah universitas atau perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur karena perguruan tinggi negeri ini sudah ada sejak 27 September 1962. Dengan jumlah mahasiswa mencapai lebih dari 37rb orang, maka kampus ini merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan Timur.

Pada tahun 1960-an, Provinsi Kalimantan Timur ini masih berupa daerah dengan sedikit penduduk dan juga penyebarannya tidak merata, bahkan banyak sekali daerah yang telah terisolir. Melalui jalan darat dan juga sungai, dari Balikpapan menuju Samarinda membutuhkan waktu 24jam sekitar 1 hari. Karena begitu banyaknya penduduk Kalimantan Timur yang melanjutkan perguruan tinggi harus menuju Banjarmasin terlebih dahulu, atau juga biasanya menuju kota-kota besar lainnya yang berada di Pulau Jawa. Maka berdasarkan keinginan dan juga tekad dari para penduduk atau masyarakat Kalimantan Timur direncanakanlah sebuah pendirian perguruan tinggi di Samarinda. Hingga pada akhirnya berdasarkan keputusan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur pada tanggal 7 Juni 1962 dibentuklah sebuah perguruan tinggi di Samarinda yang diberi nama Universitas Mulawarman.

pada tanggal 28 Juni 1962 telah ditetapkan pula Presidium untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi Mulawarman ini dengan dipilihnya Drs. Achmad Dahlan sebagai seorang Sekretaris dengan dibantu oleh Husein Achutanair sebagai assistant dan juga Syahidin, BA yang telah ditunjuk sebagai salah satu penyelenggara bagian administrasi yang berkoordinasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan juga Ilmu Pengetahuan yang ada di Jakarta. Pada tanggal 28 September 1962 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan atas nama Thoyib Hadiwidjaja, Universitas Mulawarkan ini diubah nama menjadi Universitas Kalimantan Timur. Akan tetapi nama Universitas Kalimantan Timur tersebut dikembalikan lagi menjadi Universitas Mulawarman dan juga telah dikukuhkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Soekarno yakni pada tanggal 23 April 1963. Dan juga telah ditetapkan pada tanggal 27 September 1962 merupakan hari jadi atau tanggal berdirinya Universitas Mulawarman ini.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu anda untuk membaca artikel kami Jasa Penerjemah Bahasa | Jasa Translate Universitas Mulawarman.

WhatsApp chat Order : Hubungi Kami @ 082 333 555 798