fbpx

"unhas_logo"Jasa Penerjemah Bahasa | Jasa Translate Universitas HasanuddinUniversitas Hasanuddin yang disingkat menjadi Unhas ini merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada tanggal 11 Juni tahun 1956. Perguruan tinggi ini semula yang hanya merupakan sebuah pengembangan dari Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia pada saat Bung Hatta masih menjadi seorang Wakil Presiden. Kampus Unhas yang semula dibangun di Baraya atau memiliki nama Kampus Baraya. Akan tetapi, pada awal tahun 1980-an, pada saat Rektor dijabat oleh Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas ini telah dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya ini sudah berada di tengah kota.

Kini Kampus Unhas ini telah menempati areal seluas 220 hektare di Tamalanrea dengan berbagai macam fasilitas.Sejak pada akhir tahun 2006 Fakultas di Universitas hasanuddin ini bertambah 1 yang juga merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yakni Fakultas Kehutanan. Pada saat ini telah dikembangkan lagi kampus baru UNHAS yang lebih dikhususkan untuk Fakultas Teknik yang berada di bekas pabrik kertas Gowa yang berada di kabupaten Gowa. Kampus baru ini mulai dipergunakan sejak pada tahun 2006 walaupun masih didalam tahap renovasi dan juga pembangunan gedung dan juga pengadaan fasilitas.

Mengawali berdirinya Universitas Hasanuddin secara resmi pada tahun 1956, di kota Makassar pada tahun 1947 telah berdiri sebuah Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Jakarta berdasarkan keputusan dari Letnan Jenderal Gubernur Pemerintah Hindia Belanda dengan Nomor 127 pada tanggal 23 Juli tahun 1947. Karena ketidakpastian yang berlarut-larut dan juga kekacauan di Makassar dan sekitarnya maka fakultas yang dipimpin oleh Drs L.A. Enthoven (Direktur) ini dibekukan dan juga baru dibuka kembali sebagai salah satu cabang Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia pada tanggal 7 Oktober tahun 1953 di bawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk. Fakultas Ekonomi ini benar-benar hidup sebagai cikal bakal dari Universitas Hasanuddin setelah dipimpin oleh acting ketua Prof. Drs. Wolhoff dan juga sekretarisnya Drs. Muhammad Baga pada tanggal 1 September tahun 1956 sampai dengan diresmikannya Universitas Hasanuddin pada tanggal 10 September tahun 1956.

Disaat terjadinya stagnasi Fakultas Ekonomi di akhir tahun 1950, Nuruddin Sahadat, dan Prof. Drs. G.J. Wolhoff, serta Mr. Tjia Kok Tjiang, J.E. Tatengkeng dan juga kawan-kawan lainnya telah mempersiapkan pendirian Fakultas Hukum swasta. Jerih payah merekalah yang melahirkan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading yang dibawah ketuanya oleh Prof. Drs. G.J. Wolhoff dan tetap berusaha untuk dapat mewujudkan universitas negeri sampai dengan terbentuknya sebuah Panitia Pejuang Universitas Negeri di bulan Maret pada tahun 1950. Jalan yang ditempuh untuk dapat mewujudkan universitas ini didahului dengan membuka Fakultas Hukum dan juga Pengetahuan Masyarakat cabang Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) yang telah resmi didirikan pada tanggal 3 Maret tahun 1952 dengan Dekan pertama yaitu Prof. Mr. Djokosoetono yang juga sebagai seorang Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Dilandasi dengan semangat kerja yang tinggi, kemandirian dan juga sebuah pengabdian, Fakultas Hukum yang dipimpin oleh Prof. Dr. Mr. C. de Heern dan kemudian dilanjutkan oleh Prof. Drs. G.H.M. Riekerk, didalam kurun waktu empat tahun dapat dan mampu memisahkan diri dari Universitas Indonesia dengan keluarnya sebuah PP nomor  23 tahun 1956 tertanggal 10 September tahun 1956.

Sebuah langkah usaha Yayasan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading untuk dapat membentuk Fakultas Kedokteran ini dapat terwujud dengan tercapainya sebuah kesepakatan diantara pihak Yayasan dengan pihak Kementerian PP dan juga K Prof. Mr. R. Soewandi didalam rapat Dewan Menteri pada tanggal 22 Oktober tahun 1953. Berdasarkan dengan ketetapan tersebut maka dibentuklah sebuah Panitia Persiapan Fakultas Kedokteran di Kota Makassar yang diketuai oleh Syamsuddin Daeng Mangawing yang bekerja sama dengan Muhammad Rasyid Daeng Sirua sebagai seorang sekretaris dan juga anggota-anggotanya diantaranya J.E. Tatengkeng, Andi Patiwiri dan juga Sampara Daeng Lili. Pada tanggal 28 Januari tahun 1956, Menteri P dan juga K Prof. Mr. R. Soewandi telah meresmikan Fakultas Kedokteran Makassar yang kelak akan dapat berubah menjadi sebuah Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin seiring dengan telah diresmikannya Universitas Hasanuddin pada tanggal 10 September tahun 1956.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu anda untuk membaca artikel kami Jasa Penerjemah Bahasa | Jasa Translate Universitas Hasanuddin.

WhatsApp chat WhatsApp us