fbpx

"Fakta Menarik Bahasa Korea"Dalam artikel singkat ini, kami akan sedikit membahasa sedikit fakta fakta menarik  bahasa Korea atau istilah kerennya Hangugeo.

  1. Bhs Korea adalah bahasa yang mempunyai jumlah penutur terbesar ke 17 di dunia, dengan jumlah kurang lebih sekitar 78 juta jiwa.
  2. Terjadi perdebatan di kalangan ahli bahasa dalam peletakkan Bahasa Korea ke dalam rumpun bahasa dunia, beberapa mengatakan Bahasa Korea merupakan bahasa isolat, meskipun mayoritas ahli berkata bahwa Bahasa Korea termasuk rumpun Altai-Tungusik (bahasa suku-suku di Asia Tengah dan Siberia) dan berkerabat dengan Bahasa Jepang.
  3. Bahasa Korea termasuk rumit dan susah untuk dikuasai dengan cepat. Tetapi, Bahasa Korea termasuk bahasa paling menarik minat orang dari berbagai negara untuk mempelajarinya tahun belakangan ini, salah satunya karena semakin populernya budaya pop Korea (Hallyu) di banyak negara.
  4. Bahasa Korea mempunyai beberapa macam dialek berdasarkan persebaran penutur di wilayah geografis Semenanjung Korea: Chungcheong, dialek Pusat (Seoul), Jeolla, Jeju, Gangwon (Yeongdong), Gyeongsang, Hwanghae, Pyeongan, dan Hamgyeong, dan dialek Pusat sebagai varian baku dalam Bahasa Korea.
  5. Masyarakat Korea sendiri merasa lebih bangga saat berbicara dengan dialek daerah asalnya.
  6. Bahasa Korea dikenal dengan Hangugeo (한국어) di Korea Selatan, dan Chosŏnmal (조선말) di Korea Utara.
  7. Bhs Korea dialek Pulau Jeju adalah dialek Bahasa Korea paling susah dimengerti oleh penutur Bahasa Korea lain.
  8. Bahasa Korea pernah “dikebiri” kurang lebih 30an tahun saat penjajahan Jepang, dikarenakan Jepang melarang penggunaan Bhs Korea secara umum sbg bahasa sehari-hari serta memaksa penduduk beralih ke Bahasa Jepang.
  9. Selain sebagai bahasa resmi di Negara Korea Selatan serta Korea Utara, Bahasa Korea juga merupakan bahasa resmi di Prefektur Otonomi Khusus Yanbian di Cina.
  10. Walaupun tidak serumpun dg Bahasa Mandarin, hampir sekitar 70 % kosakata Bahasa Korea adalah serapan Bahasa Mandarin.
  11. Bahasa Korea tergolong bahasa yang memiliki ragam tingkatan berbahasa (seperti Bahasa Jawa serta Bahasa Jepang).
  12. Ada dua sistem penulisan dalam Bahasa Korea: Hanja dan Hangeul.
  13. Hanja adalah aksara kuno Bahasa Korea yg dipinjam dari karakter logografik hanzi tradisional pada Bahasa Mandarin. Berbeda dg aksara kanji milik Bahasa Jepang yg berasal dari karakter hanzi tapi sudah dimodifikasi, karakter hanja masih sama persis dg bentuk aslinya dlm hanzi tradisional tnpa perubahan bentuk sama sekali.
  14. Hangeul yang adalah aksara moderen Bahasa Korea, diciptakan Raja Sejong dari Joseon pada 1443 serta ditampilkan dlm bentuk publikasi dg penjelasan lebih rinci pada 1446. Hangeul merupakan satu2nya aksara yang diciptakan oleh seorang individu berdasarkan teori yang telah direncanakan dengan sangat baik.
  15. Meski sudah diciptakan semenjak abad 15, pemakaian resmi hangeul barusan dilaksanakan di abad 19, krn selama tahun sebelumnya para kaum bangsawan  serta golongan terpelajar enggan beralih ke hangeul serta memilih menulis dg hanja rumit n terdiri dr ribuan karakter (huruf).
  16. Selain dlm Bahasa Korea, aksara hangeul jg digunakan sbg sistem penulisan resmi Bahasa Cia-Cia pada Kota Baubau, Propinsi Sulawesi Tenggara.
  17. Ada 2 sistem romanisasi aksara latin dlm Bahasa Korea: sistem McCune-Reischauer serta sistem Alih Aksara Korea yang Disempurnakan -Gugeoui Romaja Pyogibeop. Di Korsel sistem McCune-Reischauer tdk digunakan sejak 4 Juli 2000 n digantikan oleh sistem Alih Aksara Korea yang Disempurnakan. Sementara itu sejenis varian sistem McCune-Reischauer msh digunakan dengan resmi di Korut. Contoh : Kata “Seoul” (서울) dari varian Alih Aksara Korea yg Disempurnakan ditulis menjadi “Sŏul” dalam varian McCune-Reischauer.
  18. Pada kawasan penutur Bahasa Korea di Rusia Timur Jauh (Siberia Timur), ada pula varian romanisasi Bahasa Korea dlm aksara Sirilik Rusia, disebut sebagai sistem Kontsevich. Sistem ini dobuat oleh ahli bahasa dr Rusia bernama Lev Kontsevich.
  19. Seperti Bahasa Inggris dengan TOEFL dan TOEIC-nya, standar uji Bahasa Korea internasional dikenal dengan Korean Language Proficiency Test (KLPT) n Test of Proficiency in Korean (TOPIK).
  20. Karena moderenisasi, terdapat banyak kata serapan dari Bahasa Inggris masuk ke dalam Bahasa Korea. “Fenomena” itu dikenal dengan “Konglish”, Korea-English. Ada beberapa contoh kata-kata varian “Konglish” seperti kolla, keuriseumaseu, syoping, seupocheu,  serta masih banyak lagi.
  21. Layaknya berbagai bahasa lainnya di dunia, karena pengaruh moderenisasi serta pergaulan masyarakat yang egaliter, di dalam Bahasa Korea juga ada varian tidak baku atau kita kenal dengan “bahasa gaul” dalam percakapan harian. Pada praktiknya, “bahasa gaul” masyarakat di Korea (Korsel) lebih cenderung merupakan kata singkatan. Sebagai contoh : “Amigo”, merupakan singkatan “Areumdaun Minyeoreuljoahamyeon Gosaenghanda” (hati menjadi sakit ketika Anda jatuh cinta dg si cantik).

Demikian sedikit fakta unik bahasa korea. Nantikan fakta menarik bahasa lainnya di website kami.

Anda juga bisa membaca beberapa fakta menarik bahasa lain seperti fakta menarik bahasa Inggris dan fakta menarik bahasa jepang.

 Adapted from http://infobimo.blogspot.com/2013/08/fakta-tentang-bahasa-korea.html

WhatsApp chat WhatsApp us