fbpx

Pada artikel in"belajar bahasa asing"i kami akan membahas beberapa tips cara cepat belajar bahasa asing. Bahasa yg paling banyak di gunakan di Dunia ini adalah bhs Inggris, bhs Mandarin (Cina), bhs Spanyol, bhs Arab & bhs Rusia. Menurut pria yg pernah tinggal di sebuah asrama yg terletak di daerah Gemolong, Sragen itu dia mempelajari salah satu dari ke lima bhs itu akan memberikan manfaat yg sangat besar. Lalu, dia lantas untuk membagikan beberapa tips untuk mempelajari bhs asing dengan cara cepat:

1. Pahami Tujuan Belajar Bahasa

Sebelum Anda memulai untuk mempelajari sebuah bhs asing, tanyakan dahulu kepada diri sendiri apakah tujuan / alasan Anda untuk belajar bhs itu. Misalnya yakni, Anda ingin belajar bhs Inggris, apakah alasannya? Apakah Anda sangat membutuhkannya untuk bisa melanjutkan kuliah di luar Negeri? / Anda akan mengikuti sebuah wawancara kerja di perusahaan Internasional & bhs yg dipakai yakni bhs Inggris?

Tujuan / alasan untuk mempelajari sebuah bhs ini akan menentukan cara / metode untuk proses pembelajaran Anda juga sejauh apa Anda perlu akan belajar sebuah bhs asing.

2. Fokus terhadap speaking ( kemampuan bicara ) untuk berkomunikasi

Bila tujuan Anda untuk belajar bhs asing yaitu karena Anda ingin berwisata ke luar Negeri, mungkin Anda perlu menekankan diri Anda pada kemampuan berbicara di dalam bhs asing agar Anda bisa berkomunikasi secara lebih efektif. Itu berarti Anda harus melakukan penekanan proses belajar pada kemampuan speaking ( bicara ).

Tetapi apabila seseorang ingin belajar bhs asing hanya untuk melanjutkan studi / akan melakukan proses mengajar, maka dia perlu untuk mengembangkan semua skill yg dia punya secara seimbang, seperti kemampuan untuk berbicara, mendengarkan, membaca & menulis.

3. Ganti pola berpikir Anda

Belajar bahasa ternyata tidak hanya sekedar belajar menghafal kata – kata & merangkai kalimat, tetapi juga belajar mengenai kebudayaan & kehidupan masyarakat asli pemilik bhs tersebut. Apabila Anda mempelajari bhs di luar konteks budaya, maka akan terjadi kesalah pahaman & kesulitan di dalam penerapan penggunaan bhs di dalam kehidupan Anda sehari – hari.

Ada contoh bahwa seperti kalimat berikut “Mau kemana?” / “Sudah makan” sering diucapkan oleh orang – orang Indonesia bahkan juga di ucapkan kepada orang yg bukan teman dekat sebagai dengan tujuan sebagai bentuk basa basi untuk menunjukkan sebuah rasa perhatian terhadap sesema manusia,

“Akan tetapi apabila Anda tinggal di Inggris & di Amerika, menanyakan tentang kedua hal tersebut kepada orang – orang asing bisa juga dianggap tidak sopan,”

“Bisa jadi orang – orang bule tersebut akan menjawab ‘Not your business’ ( ‘Bukan urusanmu’ ). Bagaimana dengan tanggapan orang Indonesia apabila pertanyaan basa basinya hanya dijawab dengan cara yg sama?”.

Selain itu, kita juga harus belajar pola pikir & struktur bhs asing yg akan kita pelajari tersebut karena bisa jadi akan berbeda dengan bhs asli kita.

4. Buatlah Jembatan Bahasa

Setelah mempelajari beberapa macam bhs, akan diketahui bahwa beberapa bhs itu memiliki perbendaharaan kata yg sama. Bisa jadi apabila kita ingin mempelajari sebuah bhs asing, 30 % kosakata yg ada yaitu sama dengan bhs nasional / bhs ibu kita. Karena itu, di sarankan supaya kita membuat sebuah jembatan bhs dengan cara mendaftar kata – kata yg sama / serupa dari bhs asing & bhs asli kita.

Misalnya yaitu, apabila kita mempelajari bhs Inggris, sangat banyak kata serapan yg diambil dari bhs Inggris. Dengan cara mendaftarkan kata – kata itu, kita akan lebih mudah untuk belajar bhs Inggris.

5. Tinggal di Negara pengguna bahasa asing itu

Salah satu cara yg paling efektif untuk mempelajari sebuah bhs asing yaitu bukanlah dengan belajar grammar ( tata bahasa ) dari buku – buku / menghafal kata – kata dari berbagai macam kamus, tetapi dengan menggunakannya untuk berkomunikasi & akan lebih efektif lagi apabila kita belajar di Negara yg menggunakan bhs tersebut sebagai bahasa sehari – hari.

“Belajar bhs Inggris setahun di Indonesia tentu akan sangat berbeda halnya dengan belajar bhs Inggris dalam waktu yg sama di Amerika Serikat ( AS ) ”. Fakta ini sudah terdapat buktinya sendiri dengan keberhasilan beberapa orang yg menguasai bhs Indonesia hanya dalam singkat waktu III bulan. “Seandainya saja saat itu saya belajar bhs Indonesia di Turkmenistan sudah pasti hasilnya tidak akan bisa secepat seperti ini,” tuturnya.

Namun, apabila kita tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan secara langsung di Negara – negara tersebut, maka hal itu bukanlah menjadi sebuah alasan & penghalang untuk kita bisa mempelajari bhs asing tersebut.

Semoga anda yang ingin belajar bahasa, bisa menguasainya dengan baik. Dan bagi anda yang sedang membutuhkan jasa penerjemahan bahasa, silahkan hubungi kami.

WhatsApp chat WhatsApp us