fbpx
082 333 555 798 admin@protranslasi.com

"ad"Belajar Vocabularry – “Apabila Anda ingin belajar vocabulary, maka Anda harus mempraktekannya setiap hari !”. Belajar kosakata tidak dapat dilakukan hanya dengan mencakup kosakata ( vocabulary ) itu sendiri dan ejaan, akan tetapi juga strategi – strategi yang mumpuni yang harus bisa diketahui oleh seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris. Strategi – strategi tersebut akan diaplikasikan dengan tujuan agar dapat menguasai vocabulary dengan secara menyeluruh dan komprehensif dengan mencakup aspek makna ( meaning ), ejaan ( spelling ), dan pengucapan ( pronunciation ). Agar Anda dapat menguasainya, mengaplikasikan strategi, tips, dan cara belajar vocabulary bahasa Inggris seperti berikut ini.

1. Membaca ( Reading )

Membaca merupakan salah satu cara belajar vocabulary yang terbaik untuk dapat menambah dan mengembangkan koleksi vocabulary Anda. Membaca dapat membuka jalan bagi Anda untuk dapat belajar dan menghafal vocabulary yang baru. Bacalah buku – buku yang banyak mengandung vocabulary yang mungkin akan sangat sering Anda hadapi didalam sebuah tes atau yang sering Anda geluti didalam sebuah bidang pekerjaan Anda.

2. Identifikasi Kata Dasar ( Root )

Root ( kata dasar ) merupakan bentuk dasar dari sebuah kata setelah segala macam berbagai bentuk imbuhan telah dihilangkan atau bentuk dasar sebuah kata yang belum dilekati oleh berbagai imbuhan apapun. Dengan dapat menguasai root setiap kata akan dapat memudahkan Anda untuk dapat belajar dan menghafal vocabulary bahasa Inggris.

Apabila Anda telah sangat familiar dengan root, akan tetapi tidak familiar dengan imbuhan yang melekat padanya, minimal Anda akan bisa menghabiskan waktu hanya beberapa detik untuk dapat membuka kamus dan menemukan makna imbuhan tersebut. Pengetahuan Anda tentang root akan membuat Anda mampu memecahkan teka – teki seputar vocabulary baru yang Anda temukan pada saat Anda membaca.

3. Gunakan kamus & Thesaurus

Cara belajar vocabulary bahasa Inggris yang selanjutnya adalah dengan selalu menggunakan kamus. Apabila Anda memiliki keseriusan untuk dapat belajar dan menghafal vocabulary, maka gunakanlah kamus yang bagus ( dan tentunya juga gunakan Thesaurus pada tingkat yang lebih lanjut ). Kamus merupakan referensi yang berisi daftar kata sebuah bahasa yang telah tersusun secara alpabetis. Banyak orang yang mengira bahwa semua jenis kamus sama. Akan tetapi, kenyataannya yaitu tidak demikian. Jenis kamus berbeda – beda sesuai dengan jenis kebutuhan seseorang. Pilihlah kamus yang berisi vocabulary yang sangat sesuai dengan tujuan awal Anda untuk dapat belajar dan menghafal vocabulary.

Thesaurus merupakan sebuah referensi yang berisi sinonim dan antonim. Thesaurus secara umum berfungsi cukup signifikan ketika Anda akan hendak mengekspresikan sebuah ide Anda, akan tetapi akan sangat kesulitan ketika untuk bisa memparafrasekannya. Apabila Anda ingin dapat menggunakan versi kata yang lebih baik atau lebih umum dari kata yang telah Anda temukan sebelumnya, Thesaurus merupakan jawaban dari keinginan Anda.

4. Bermain dengan word cards

Cara belajar vocabulary bahasa Inggris dan menghafalkannya juga juga bisa dilakukan dengan berupa permainan. Anda juga bisa bermain dengan menggunakan memori Anda sendiri dengan cara menggunakan word cards. Berikut caranya memainkannya. Siapkan kertas dengan ukuran 3 x 5 cm. Tulislah setiap kata sulit atau kata baru yang Anda baru temukan ketika saat membaca artikel. Satu kata untuk satu word card. Tuliskan kata yg menurut Anda sangat sulit yang ada dibagian depan dan tulis juga artinya pada bagian belakang. Ulangilah dengan membaca dan membolak – balik word cards Anda sebagaimana ketika Anda bermain sebuah kartu. Pengulangan ( repetition ) yaitu merupakan salah satu cara yang terbaik untuk dapat menguasai sebuah kata secara cepat.

5. Kuasai pengucapan secara benar ( Correct Pronunciation )

Salah satu kendala yang dapat membuat para pelajar akan merasa kesulitan didalam belajar vocabulary bahasa Inggris yakni ketidaktahuan mereka tentang bagaimana cara pengucapan vocabulary tersebut. Padahal cara pengucapan vocab yaitu bisa langsung dapat kita ketahui setelah kita berada distrategi yang ke – 3. Kamus dan Thesaurus yang bagus sudah menyediakannya untuk Anda. Yang harus Anda lakukan yaitu hanya dengan membaca cara pengucapan tersebut dan dapat mengucapkannya secara berulang – ulang.

Apabila Anda masih sangat kurang yakin dengan cara belajar vocab ini, konfirmasikanlah kepada guru bahasa Inggris Anda di sekolah atau orang dekat Anda di rumah. Ucapkan vocab yang sedang Anda pelajari dengan menggunakan cara pengucapan seperti yang Anda temukan didalam kamus atau thesaurus,  kemudian tanyakan kepada mereka apakah cara pengucapannya tersebut sudah benar atau tidak.

6. Saatnya vokalisasi

Pada tahap yang terakhir cara belajar vocabulary bahasa Inggris ini yakni, Anda boleh melihat kembali ke paragraf pembuka artikel ini. “Praktek” Ya ! Inilah saatnya. Praktekkan setiap vocabulary baru yang Anda temukan. Kata “praktekkan” di sini yaitu mengindikasikan desakan kepada Anda semua untuk mempraktekkan vocabulary baru Anda dengan cara integratif didalam sebuah kalimat.

Selanjutnya, Anda harus dapat membiasakan untuk membuat sendiri kalimat di setiap vocabulary yang Anda pelajari atau yang Anda hafalkan. Hal ini juga harus Anda lakukan untuk belajar dan menghafal vocabulary baru supaya apa yang Anda pelajari tersebut dapat Anda kuasai secara menyeluruh dan komprehensif.

Demikian postingan kami mengenai Belajar Vocabularry ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua dan bisa menambah ilmu Anda didalam mempelajari bahasa Inggris ini.

WhatsApp chat Order : Hubungi Kami @ 082 333 555 798