fbpx

"poa"Alasan Mengapa Malu Berbicara Bahasa InggrisBahasa Inggris memang bukanlah bahasa yang asing lagi dikalangan akademisi dan juga pelajar, apalagi bagi para siswa dan siswi dikalangan sekolah besar dengan standar yang tinggi, berbahasa asing bukanlah menjadi sebuah hal yang aneh lagi. Setiap hari para murid diwajibkan untuk berbicara dua bahasa atau bilingual. Baik itu bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, atau dengan campuran bahasa asing yang lainnya.

Akan tetapi sekalipun bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pengantar diberbagai sekolah, namun tetap saja masih banyak murid yang merasa ragu untuk bicara bahasa Inggris dengan jelas dan gamblang. Bukan hanya kurang jasa latihan, akan tetapi juga karena mereka seakan malas untuk membuka mulut mereka dan mengucapkan berbagai macam percakapan bahasa Inggris.

Contohnya yaitu pada saat para murid dihadapkan pada permainan peran, atau debat, bisa juga diskusi topik, dan juga masih banyak lagi, beberapa siswa, atau bahkan kebanyakan dari siswa tersebut pasti malu-malu untuk dapat mengekspresikan sudut pandang mereka. Ada beberapa alasan utama yang tentunya dapat menjadi penyebab mereka bersikap seperti demikian, alasan utama tersebut telah dirangkum kedalam penjelasan di bawah ini :

1.      Penyebab utama yang membuat siswa tidak mau berbicara bahasa Inggris didepan umum adalah karena mereka tidak memiliki wawasan pada topik pembahasan. Bisa juga karena mereka belum menguasai betul materi bahasa yang akan dibicarakan, atau bisa juga karena dia tidak memperhatikan. Disinilah jasa seorang tenaga pengajar dibutuhkan untuk dapat membimbing si anak menjadi lebih paham dengan materi yang akan dibahas didepan kelas.

2.      Ada juga siswa yang memiliki pendapat, akan tetapi dia merasa sangat khawatir dengan apa yang akan dikatakan oleh siswa lain, atau dia juga merasa sangat khawatir apabila para siswa yang lain akan menyerangnya dengan kalimat yang tidak enak, atau bahasa singkatnya diajak berdebat. Disini jasa pengajar juga harus dapat mendominasi, jangan sampai ada debat yang melenceng dari konten materi yang tengah dibahas.

3.      Selain kedua alasan diatas, ada juga siswa yang tidak percaya diri untuk mengatakan apa yang mereka maksud. Jasa pengajar wajib untuk menanamkan rasa percaya diri didalam diri mereka agar mereka mampu tampil.

4.      Murid memiliki obsesi untuk menyatakan  pendapat mereka didalam bahasa asing yang fasih sama persis seperti didalam bahasa ibu mereka. Ini sangat bagus, berarti si murid memiliki kemauan keras untuk belajar dan jasa pengajar bahasa juga harus benar-benar memahami kebutuhan belajar siswa yang seperti ini. Lakukan semacam les privat khusus untuk dapat mengembangkan kemampuan mereka.

5.      Persaingan antar murid, bisa jadi murid yang kurang fasih dalam berbahasa Inggris takut bersaing dengan murid yang bahasa asingnya jauh lebih baik. Sebagai jasa pengajar yang baik jadilah seorang penengah yang mampu membuat kedua belah pihak murid merasa diperhatikan dan didorong untuk maju.

WhatsApp chat WhatsApp us